Analisis Usaha Cookies Ubi Ungu Di Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Laporan Akhir

Dewi, Septiana (2021) Analisis Usaha Cookies Ubi Ungu Di Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Laporan Akhir. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31181501_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi selama 4 (empat) bulan yaitu bulan Januari hingga bulan April 2021, dengan tujuan mampu membuat cookies ubi ungu, menganalisis cookies ubi ungu serta melakukan bauran pemasaran yang telah direncanakan. Cookies ubi ungu merupakan inovasi dari cookies yang terbuat dari tepung terigu dengan bahan bakunya adalah ubi ungu yang bertujuan untuk menciptakan suatu inovasi baru yang memiliki tekstur renyah dan rasa yang manis yang pas dan memiliki aroma khas ubi ungu. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi cookies ubi ungu yaitu ubi ungu, tepung terigu, kuning telur ayam, gula halus, susu bubuk, mentega, chocochips, dan baking powder. Pada tugas akhir ini menggunakan tiga metode analisis usaha yaitu Analisis Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Investment (ROI) yang mengidentifikasi dari titik impas, jumlah penerimaan dan tingkat pulangnya modal. Hasil yang diperoleh yaitu BEP (produksi) sebesar 10,67 toples dari kapasitas produksi 20 toples, BEP (harga) sebesar Rp 8.003/toples dari harga jual Rp 15.000/toples, R/C Ratio sebesar 1,87 dan ROI sebesar 15,7%. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh, usaha cookies ubi ungu menguntungkan untuk diusahakan dan layak untuk dijalankan. Pemasaran cookies ubi ungu dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen melalui promosi secara langsung dan menggunakan media sosial berupa WhatsApp. Kata Kunci : Cookies, Ubi Ungu, Analisis Usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R AlamsyahNIDN0002026802
Uncontrolled Keywords: Cookies, Ubi Ungu, Analisis Usaha
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Septiana Dewi
Date Deposited: 14 Aug 2021 06:38
Last Modified: 14 Aug 2021 06:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item View Item