Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s Be A Sip College Student” (Sub : Design & Story)

Wiranagara, M. Pandu Gautama (2021) Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s Be A Sip College Student” (Sub : Design & Story). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31181955_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembuatan Game Visual Novel Edukasi “Let’s be a SIP College Student” (Sub : Design & Story), M. Pandu Gautama Wiranagara, Tahun 2021, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Ika Widiastuti, S.ST., M.T. (Pembimbing). Di masa kehidupan kampus banyak mahasiswa merasa bahwa kehidupan kampus sulit dijalankan dan membosankan. Bahkan sering terjadi mahasiswa merasa salah jurusan termasuk jurusan di bidang Teknologi Informasi yang terkenal sulit dalam melakukan programming, sehingga membuat mahasiswa malas dan tidak bisa menjalankan perkuliahan dengan sepenuh hati. Selain itu pada era revolusi industri 4.0 ini perkembangan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Hal ini sejalan dengan semakin majunya industri hiburan seperti halnya game. Bermain game telah menjadi kegiatan sehari-hari para generasi muda termasuk mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya. Bahkan tidak jarang sebuah game menjadi alasan seseorang untuk lupa waktu karena terlalu sibuk dalam bermain. Tentu hal ini dapat berdampak buruk, terutama bagi para mahasiswa yang memang dituntut untuk bisa memanajemen waktu dengan baik agar tidak terhambat dalam perkuliahannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah media yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi kehidupan kampus baik oleh mahasiswa maupun calon mahasiswa baru. Maka dibuatlah sebuah game visual novel edukasi “Let’s be a SIP College Student” yang dapat dimainkan di beberapa platform. Game dengan jenis visual novel ini merupakan sebuah game yang menonjolkan sisi grafis dan alur cerita dengan penyajian berupa cerita bergambar yang disertai dengan opsi pilihan tindakan untuk menentukan cerita kedepannya. Pada visual novel tersebut menceritakan kisah sehari-hari dari seorang mahasiswa dalam menjalani kehidupan kampus, sehingga bisa memberikan gambaran kepada pemain tentang hal-hal apa saja yang biasanya terjadi di kehidupan seorang mahasiswa. Dalam tahap pengujian menggunakan blackbox testing, game dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang diharapkan. Melalui data ix kuesioner dari 30 responden yang telah dianalisis dengan teori kualitas McCall, hasil perhitungan yang diperoleh yaitu nilai correctness sebesar 100%, reliability sebesar 94%, dan usability sebesar 87.2%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas design & story yang dibuat sudah baik dan benar sesuai target fungsi serta output yang diharapkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidiastuti, IkaNIDN0019087803
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Game Visual Novel Edukasi
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: M. Pandu Gautama Wiranagara
Date Deposited: 06 Aug 2021 14:23
Last Modified: 06 Aug 2021 14:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item