Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Data Smartapps Maps dan E-Complaint Berbasis Web Dengan Menggunakan REST API

Hudaifi, Afif Faris (2021) Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Data Smartapps Maps dan E-Complaint Berbasis Web Dengan Menggunakan REST API. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31180989 LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (66kB)

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari pada era sekarang ini. Perkembangan teknologi berperan penting dalam kehidupan manusia. Telah banyak sektor yang menerapkan teknologi ini untuk memudahkan pekerjaan manusia termasuk memperbaiki tatanan suatu wilayah dan membantu memperbaiki layanan, fasilitas, atau hal lain dari pihak yang memberikan fasilitas pengaduan. Tak jarang berbagai pihak yang memberikan fasilitas membutuhkan wadah untuk menampung segala pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat umum. Penyampaian pengaduan yang mulanya dengan cara menulis lalu memasukkan ke dalam kotak pengaduan telah berganti menjadi lebih mudah dan efisien dengan adanya perkembangan teknologi. Pengaduan secara online menggunakan internet menjadi suatu hal yang tidak asing pada masa sekarang ini. Selain itu, di masa pandemi Covid 19 ini, masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang serba digital salah satunya yaitu dalam bidang pengaduan masyarakat.Seiring berjalannya waktu semakin banyak pula informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya adalah informasi tentang lokasi baru yang dibangun. Salah satunya yaitu sektor wisata. Akan tetapi masyarakat lebih banyak mengetahui objek wisata yang terkenal untuk dikunjungi seperti Bali maupun Nusa Tenggara. Padahal banyak wisata indah, bagus dan tidak memerlukan banyak biaya yang dapat dikunjungi. Akan tetapi informasi mengenai tempat wisata tersebut di beberapa Kota di Indonesia hanya berupa website dan brosur. Adapun informasi yang dimuat tidak cukup, karena suatu objek wisata akan lebih menarik jika masyarakat dapat melihat dan mengamati langsung objek wisata tersebut. Hal itu terjadi karena kurang dukungan sarana informasi yang lengkap mengenai detail objek wisata tersebut.Dengan perkembangan dari tempat dari berbagai wilayah dan pengaduan yang belum bisa ditanggapi langsung oleh pihak penerima pengaduan, maka akan dibuatkan sebuah aplikasi Smartapps Maps dan E-Complaint berbasis android dan aplikasi Wisata Augmented Reality. Dengan dibuatkan aplikasi tersebut, akan muncul sebuah permasalahan baru tentang pengelolaan dan pemeliharaan data pada aplikasi tersebut. Selain itu belum ada aplikasi lanjutan yang berperan untuk melakukan pengelolaan pengaduan dari masyarakat kepada pihak penerima pengaduan. Dengan adanya permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu sistem yang berperan mengelola data dari aplikasi Smartapps Maps dan E-Complaint berbasis android dan aplikasi Wisata Augmented Reality. Adapun platform yang digunakan untuk dapat membangun sistem tersebut adalah berbasis web. Pada sistem tersebut terdapat 3 level yang disediakan dalam aplikasi tersebut yaitu administrator, pengguna android dan pengguna penerima pengaduan. Level administrator memiliki akses penuh. Level pengguna android memiliki akses menambah tempat, melihat tempat yang terdaftar pada sistem dan menambah pengaduan. Penerima pengaduan akan memiliki akses untuk menerima pengaduan masyarakat. Setelah melakukan perbaikan sistem, selanjutnya dilakukan pengujian terhadap sistem oleh pengguna umum dan mendapatkan responden 22. Adapun hasil dari pengujian kedua ini mendapatkan nilai kepuasan sebesar 87,3% dan dapat dikategorikan Sangat Setuju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAfriansyah, Faisal LutfiNIDN0029049102
Uncontrolled Keywords: E-Complaint, Pengelolaan Data, REST API, Smartapps Maps
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Afif Faris Hudaifi
Date Deposited: 06 Aug 2021 05:02
Last Modified: 06 Aug 2021 05:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5869

Actions (login required)

View Item View Item