Muhtaromah, Afifah (2021) Analisis Usaha Kerupuk Pangsit Kelor (Kepak) Di Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember Laporan Tugas Akhir. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31180500_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk melaksanakan proses produksi, melaksanakan pemasaran, melaksanakan analisis usaha dengan menggunakan metode. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember selama awal Januari sampai akhir Maret 2021. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini praktek langsung, menggunakan metode analisis Break Even Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), serta Return Of Insvesment (ROI) dan metode bauran pemasaran.Hasil dari proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali, dilakukan selama satu jam dengan satu tenaga kerja Hasil analisis usaha untuk satu kali produksi menghasilkan 30 kemasan, nilai tersebut lebih besar dibandingkan hasil perhitungan BEP (produksi) yang menghasilkan 20,16 kemasan, BEP (harga) Rp. 4.032,33,-/kemasan dari harga jual Rp. 6.000,-/kemasan, R/C Ratio 1,48 dan ROI 7,31%. Berdasarkan analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa usaha kerupuk pangsit kelor (KEPAK) menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran kerupuk pangsit kelor menggunakan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Hasil dari pemasaran produk kerupuk pangsit kelor (KEPAK) dengan berat 100 gram per kemasan yang dijual seharga Rp. 6.000. Produk dipasarkan di Kecamatan Puger secara langsung ke konsumen. Kegiatan promosi dilakukan dengan cara mengiklankan produk melalui media sosial, seperti Instagram (IG), Facebook (FB) dan Whatsapp (WA). Kata Kunci: BEP, Kerupuk Pangsit Kelor, R/C ratio, ROI
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | BEP, Kerupuk Pangsit Kelor, R/C ratio, ROI | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Afifah Muhtaromah | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2021 07:29 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2021 07:29 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5820 |
Actions (login required)
View Item |