Inayatullah, Aviatika (2021) Evaluasi Penggunaan Mesin Apm (Anjungan Pendaftaran Mandiri) Dengan Metode Eucs Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta Laporan Praktik Kerja Lapang. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (5MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (5MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (5MB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
G41170195_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Evaluasi Penggunaan Mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) Dengan Metode EUCS Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta, Aviatika Inayatullah, NIM G41170195, Tahun 2021, 153 halaman, Rekam Medik, Politeknik Negeri Jember, Mudafiq Riyan Pratama, S.Kom, M.Kom (Pembimbing) Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini dapat dimanfaatkan dan diterapkan di segala bidang, termasuk diterapkan di bidang kesehatan salah satunya di rumah sakit. Adanya perkembangan teknologi disertai dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang cepat menuntut rumah sakit untuk terus memperbaiki kualitas pelayanannya dalam memenuhi tuntutan tersebut. Rumah sakit dapat memanfaatkan kemajuan TI untuk membantu melakukan semua tugas yang berkaitan dengan pemrosesan dan manajemen informasi. Oleh sebab itu, rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta menjadi salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memanfaatkan penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam pekerjaannya sehari-hari dengan penggunaan mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) mulai tahun 2019. Mesin APM merupakan alat untuk melakukan proses pendaftaran pasien rawat jalan secara mandiri tanpa harus melakukan antri di loket pendaftaran. Secara tidak langsung, mesin APM dapat memangkas proses antrian yang panjang di loket pendaftaran. Namun, dibalik banyaknya manfaat yang diberikan oleh mesin APM juga memiliki permasalahan yaitu mesin yang error karena kehabisan tinta dan kertas print pada saat digunakan oleh pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap penggunaan mesin APM (Anjungan Pendaftaran Mandiri) menggunakan metode EUCS di rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah pengguna mesin APM merasa cukup puas dalam menggunakan mesin berdasarkan aspek isi (100%) karena isi yang terdapat dalam mesin APM telah sesuai dengan kebutuhan, pengguna mesin APM merasa cukup puas dalam menggunakan mesin berdasarkan aspek keakuratan (94.7%) karena ketepatan vii dalam mengolah input serta menghasilkan informasi telah memiliki tingkat keakurasian yang baik, pengguna mesin APM merasa cukup puas dalam menggunakan mesin berdasarkan aspek bentuk (89.5%) karena tampilan, warna, dan tata letak yang ada di dalam mesin APM cukup menarik minat penggunanya, pengguna mesin APM merasa cukup puas dalam menggunakan mesin berdasarkan aspek kemudahan penggunaan (94.7%) karena mesin APM bersifat user friendly sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menggunakannya, dan pengguna mesin APM merasa cukup puas dalam menggunakan mesin berdasarkan aspek isi (89.5%) karena waktu dalam menyejikan data dan informasi telah ditampilkan secara tepat tanpa menunggu lama
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Penggunaan Mesin Apm (Anjungan Pendaftaran Mandiri) Dengan Metode Eucs | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | AVIATIKA INAYATULLAH | ||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2021 18:31 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2021 18:32 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/5685 |
Actions (login required)
View Item |