KARAKTERISTIK KEPEKATAN ASAP (OPACITY) MOTOR DIESEL DENGAN MENGGUNAKAN CATALYTIC CONVERTER ALUMINIUM

Udin, Ahmad Robiul Awal and Fahriannur, Ahmad (2017) KARAKTERISTIK KEPEKATAN ASAP (OPACITY) MOTOR DIESEL DENGAN MENGGUNAKAN CATALYTIC CONVERTER ALUMINIUM. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16 (3). pp. 217-220. ISSN 1411-5549

[img] Text (Hasil Cek Similarity)
KARAKTERISTIK KEPEKATAN ASAP (OPACITY) MOTOR DIESEL DENGAN MENGGUNAKAN CATALYTIC CONVERTER ALUMINIUM(3).pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/jii/artic...

Abstract

Jumlah penggunaan kendaraan bermotor yang terus bertambah untuk membantu dan memperlancar segala aktifitas manusia. Disisi lain kendaraan bermotor merupakan penyebab salah satu pencemar polusi udara terbesar. Dengan regulasi yang dikeluarkan pemerintah tentang standar emisi gas buang, maka perusahaan otomotif harus memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang. Sehingga teknologi catalytic converter dijadikan salah satu solusi tepat untuk mengontrol dan mengurangi gas buang dari mesin kendaraan. Dalam proses pembakaran bahan bakar dan udara selain entalpi, produk sisa pembakaran yaitu emisi atau polutan CO,CO2, NOx, HC, jelaga atau asap dan unsur – unsur lain yang dapat mencemari lingkungan dan dapat membahayakan kesehatan manusia. Pada motor diesel menghasilkan jelaga dan polutan gas NOx lebih banyak daripada motor bensin, namun menghasilkan CO2 lebih rendah. Dengan adanya catalytic converter berkatalis aluminium berlubang dan bersekat glaswool yang dipasang pada sistem exhaust manifold atau knalpot motor diesel dapat mengurangi emisi gas buang berupa asap hitam atau jelaga. Pengujian penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan membandingkan data gas buang yang dihasilkan motor diesel pada sistem exhaust manifold baik yang menggunakan maupun tanpa catalytic converter katalis aluminium berlubang. Pengambilan data dilakukan dikondisikan pada temperatur ruang saat pengujian. Pengujian dimulai pada putaran mesin diesel 1500 RPM sampai 2700 RPM dengan kenaikan putaran tiap 300 RPM. Hasil penggunaan catalytic converter sangat efektif dalam mengurangi kepekatan asap atau opacity dari motor diesel secara keseluruhan rata – rata sebesar 32,8 %.

Item Type: Article
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Arsip Khusus
Depositing User: ST, MT Ahmad Robiul Awal Udin
Date Deposited: 21 Aug 2021 12:14
Last Modified: 25 Oct 2021 06:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item