Perancangan Game Interaktif Untuk Mempelajari Dan Mengaplikasikan Gerak Parabola Dengan Metode Pengembangan Game Dengan Unity

Lazuardi, Adam Davala (2025) Perancangan Game Interaktif Untuk Mempelajari Dan Mengaplikasikan Gerak Parabola Dengan Metode Pengembangan Game Dengan Unity. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (183kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game simulasi interaktif untuk pembelajaran Fisika materi gerak parabola yang ditujukan bagi siswa SMA. Aplikasi ini dirancang untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan dan memahami konsep gerak parabola yang abstrak melalui pendekatan yang interaktif dan gamifikasi. Metode pengembangan yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Fitur utama dalam aplikasi ini mencakup Mode Materi, Mode Simulasi, Mode Kuis, dan Mode Permainan, dengan alur pembelajaran progresif yang terstruktur. Hasil pengujian fungsional menunjukkan bahwa seluruh fitur dalam aplikasi berjalan sesuai dengan rancangan. Pengujian pengguna (User Acceptance Test) yang melibatkan 29 responden memperoleh persentase kelayakan sebesar 92,4%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Hasil kuesioner motivasi belajar siswa juga menunjukkan tingkat motivasi yang "Sangat Tinggi" dengan persentase 90,1%. Selain itu, hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan aplikasi mengalami peningkatan pemahaman (gain score) yang lebih tinggi (25,00 poin) dibandingkan kelompok yang belajar secara konvensional (24,29 poin). Kata Kunci: Aplikasi Mobile, Fisika, Gamifikasi, Game Interaktif, Gerak Parabola, MDLC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArifianto, Aji SetoNIDN0028118502
Uncontrolled Keywords: Game,Simulasi,Pembelajaran,GerakParabola
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Adam Davala Lazuardi
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:05
Last Modified: 25 Aug 2025 01:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46547

Actions (login required)

View Item View Item