Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Penggunaan E-Commerce Tokopedia Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Amin, Nofaira (2025) Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Penggunaan E-Commerce Tokopedia Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan dan Abstrak)
Abstrak dan Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (248kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (235kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (194kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pengunjung, pembeli atau pelanggan tokopedia menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes. Data ulasan diperoleh dari scrapping di platform Google Playstore, yang digunakan untuk menilai tanggapan pengunjung, pelanggan atau pembeli terhadap vasilitas yang ada di Tokopedia. Metode Naive Bayes Classifier dipilih karena efektif dalam menangani data dengan jumlah fitur yang besar, menjadikannya tepat untuk analisis teks atau klasifikasi dokumen. Tahapan analisis sentimen mencakup proses pre-processing data, di mana ulasan diolah dan disesuaikan ke dalam format yang bisa dianalisis. Model Naive Bayes kemudian dilatih menggunakan 70% data sebagai data latih, dan 30% sisanya sebagai data uji. Evaluasi performa model dilakukan dengan menggunakan metrik seperti akurasi, precision, recall, dan f1-score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes mampu mencapai akurasi 92,88%, precision 92,88%, recall 92,88%, dan f1-score 92,88%. Pembagian data latih dan data uji dalam rasio 70:30 turut berkontribusi terhadap kinerja model dalam mengklasifikasikan sentimen dari ulasan pengunjung secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAyuninghemi, RatihNIDN0702088601
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, ulasan, Naïve Bayes, Google Playstore, Tokopedia
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Nofaira Amin
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:09
Last Modified: 20 Aug 2025 03:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/46248

Actions (login required)

View Item View Item