Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Pengenalan Abjad Dan Angka Menggunakan Teknologi Ar Dengan Metode Marker

Hamdi, Fadlil Liwaul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Pengenalan Abjad Dan Angka Menggunakan Teknologi Ar Dengan Metode Marker. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (287kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (417kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality (AR) guna meningkatkan pengenalan abjad dan angka pada anak usia dini. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan pendekatan marker-based menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK. Proses penelitian melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, pembuatan media, hingga pengujian. Media diuji kepada 38 siswa TK menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT), yang mencakup uji validitas, reliabilitas, dan efektivitas. hasil menunjukkan bahwa semua butir kuesioner valid (r hitung > r tabel, Sig. < 0,001), dengan reliabilitas sangat tinggi (Cronbach’s Alpha = 0,915). Perhitungan nilai efektivitas memperoleh skor rata rata 89,30%, yang masuk dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian, media pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan sebagai alat bantu pengenalan abjad dan angka secara interaktif bagi anak-anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWulandari, Sholihah AyuNIDN0024119301
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pengenalan Abjad, Pengenalan Angka, Anak Usia Dini, Marker-Based Tracking
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
660 - Rumpun Ilmu Seni, Desain dan Media > 706 - Desain > 708 - Desain Komunikasi Visual
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 788 - Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 801 - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika (Sidoarjo) > Tugas Akhir
Depositing User: Fadlil Liwaul Hamdi
Date Deposited: 06 Aug 2025 00:34
Last Modified: 06 Aug 2025 00:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45320

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item