Hamdi, Fadlil Liwaul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Pengenalan Abjad Dan Angka Menggunakan Teknologi Ar Dengan Metode Marker. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() | There is a more recent version of this item available. |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (287kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (194kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (417kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality (AR) guna meningkatkan pengenalan abjad dan angka pada anak usia dini. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan pendekatan marker-based menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK. Proses penelitian melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, pembuatan media, hingga pengujian. Media diuji kepada 38 siswa TK menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT), yang mencakup uji validitas, reliabilitas, dan efektivitas. hasil menunjukkan bahwa semua butir kuesioner valid (r hitung > r tabel, Sig. < 0,001), dengan reliabilitas sangat tinggi (Cronbach’s Alpha = 0,915). Perhitungan nilai efektivitas memperoleh skor rata rata 89,30%, yang masuk dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian, media pembelajaran ini dinyatakan layak digunakan sebagai alat bantu pengenalan abjad dan angka secara interaktif bagi anak-anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Pengenalan Abjad, Pengenalan Angka, Anak Usia Dini, Marker-Based Tracking | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 660 - Rumpun Ilmu Seni, Desain dan Media > 706 - Desain > 708 - Desain Komunikasi Visual 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 780 - Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan > 788 - Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 801 - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika (Sidoarjo) > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Fadlil Liwaul Hamdi | ||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2025 00:34 | ||||||
Last Modified: | 06 Aug 2025 00:34 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45320 |
Available Versions of this Item
- Pengembangan Media Pembelajaran Terhadap Pengenalan Abjad Dan Angka Menggunakan Teknologi Ar Dengan Metode Marker. (deposited 06 Aug 2025 00:34) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |