Putro, Ilham Gusti Syah (2025) Pengembangan Aplikasi Edukasi Sains Planet Tata Surya Berbasis Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Marker Based. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (220kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (236kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (202kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan aplikasi edukasi sains planet tata surya berbasis Augmented Reality (AR) untuk mengatasi rendahnya pemahaman dan minat siswa akibat pembelajaran konvensional. Bertujuan meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap topik tata surya, aplikasi ini dibangun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan Unity, Vuforia Engine, dan Blender sebagai alat utama. Mengimplementasikan metode Marker Based, aplikasi ini menampilkan objek 3D benda tata surya beserta penjelasan audio interaktif dan fitur kuis 'Tebak Nama Planet'. Uji coba efektivitas pada 29 siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo menggunakan desain pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman signifikan, dari 70.34% pada pre-test menjadi 89.66% pada post-test. Dengan demikian, aplikasi edukasi AR ini terbukti efektif dan layak digunakan sebagai penunjang media pembelajaran sains di tingkat sekolah dasar.
Actions (login required)
![]() |
View Item |