SOSIALISASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI JAMINAN KESEHATAN BPJS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN LANSIA

Dewi, Riskha Dora Candra (2020) SOSIALISASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI JAMINAN KESEHATAN BPJS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN LANSIA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7 (1). pp. 19-26. ISSN 2580-9156

[img] Text (Hasil Cek Similarity)
2.hasil turnitin-jurnal jombang.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://doi.org/10.33023/jpm.v7i1.641

Abstract

Pendahuluan: Permasalahan lansia tentang BPJS kesehatan yaitu lansia masih belum memahami mengenai cara mendapatkan dan tahapan dalam pengobatan dengan menggunakan BPJS mulai dari rujukan pelayanan kesehatan tingkat pertama ke rujukan pelayanan kesehatan tingkat paling tinggi. Lansia juga belum mendapatkan informasi secara maksimal mengenai jaminan kesehatan BPJS. Metodologi: Metode pemecahan permasalahan dalam pengabdian masyarakat menggunakan edukasi oleh tenaga kesehatan pada lansia. Konsep metode edukasi meliputi: 1) tahap orientasi; 2) kerja; 3) resolusi. Memberikan materi meliputi: 1) pengertian BPJS; 2) jenis-jenis BPJS; 3) pelayanan-pelayanan dalam BPJS; 4) pembayaran iuran BPJS; 5) prosedur pendaftaran BPJS; 6) manfaat BPJS bagi lansia. Hasil: Hasil pengabdian masyarakat memberikan materi tentang BPJS selama 30 menit. Kesimpulan: Kegiatan sosialisasi informasi dan komunikasi jaminan kesehatan BPJS dalam meningkatkan pelayanan kesehatan lansia dapat meningkatkan pola hidup sehat lansia, sehingga lansia tetap produktif dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang terpenuhi secara komprehensif dan bertanggung jawab.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Kepegawaian
Depositing User: Riskha Dora Candra Dewi
Date Deposited: 21 Aug 2021 10:08
Last Modified: 21 Aug 2021 10:08
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item