Perancangan Knowledge Dalam Pengembangan Chatbot Konsultasi Skripsi di D4 Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember

Ratnawati, Dewi Ika (2025) Perancangan Knowledge Dalam Pengembangan Chatbot Konsultasi Skripsi di D4 Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa D4 Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember diwajibkan menyusun skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan dengan mengacu pada dua pedoman utama, yaitu Pedoman Tugas Akhir (TA) dan Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Namun, hasil survei terhadap 26 mahasiswa menunjukkan bahwa masih banyak yang mengalami kebingungan dalam memahami isi pedoman tersebut, sehingga kerap terjadi kesalahan dalam alur maupun penulisan skripsi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan pengembangan chatbot konsultasi skripsi berbasis website. Dalam penelitian ini, perancangan knowledge chatbot dilakukan melalui studi literatur, penyebaran kuesioner kepada mahasiswa, serta wawancara dengan dosen koordinator skripsi dan admin prodi. Chatbot dikembangkan menggunakan platform Google Dialogflow dengan pola percakapan berbasis decision tree untuk memetakan alur percakapan dan menggunakan metode rule-based system dalam menentukan respons berdasarkan aturan yang telah dibuat. Implementasi chatbot dilakukan melalui integrasi webhook dengan proses pengkodean menggunakan Visual Studio Code. Berdasarkan hasil pengujian, chatbot memperoleh nilai 79,9% pada pengujian User Acceptance Testing (UAT), yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada pengujian black box, chatbot mencapai akurasi 100% jika menggunakan tombol (button), dan akurasi 79,1% jika input teks secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHuda, ChoirulNIDN0027129205
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Google Dialogflow, Rule-based System, Skripsi
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Dewi Ika Ratnawati
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:05
Last Modified: 01 Aug 2025 03:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/45114

Actions (login required)

View Item View Item