Hazma, Atikah Nuri (2025) Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Ringkasan)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (84kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (96kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android, Atikah Nuri Hazma, NIM E31210646, Tahun 2025, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Husin, S.Kom, M.MT (Pembimbing). Game edukasi merupakan sebuah permainan dalam bentuk media elektronik yang tercipta dari kombinasi antara teknologi dan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memberikan suasana berbeda dalam dunia pendidikan. Perancangan aplikasi game edukasi dalam penelitian ini digunakan untuk mengenalkan Bahasa Mandarin kepada khalayak umum. Game edukasi Let’s Play Mandarinku dirancang dengan menghadirkan dua sesi pembelajaran, yaitu sesi belajar dan sesi bermain. Sesi belajar menghadirkan pembelajaran materi dasar dan pembelajaran kosakata dengan menggunakan standart acuan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) tingkat 1, 2 dan 3. Pada sesi bermain menghadirkan tiga jenis permainan, yaitu koreksi aku, susun aku dan kuis yuk. Penelitian ini dirancang dan dikembangkan menggunakan platform Construct 2, dengan acuan metode Multimedia Develompment Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahapan, meliputi : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari pengembangan tersebut diuji dengan menggunakan metode pengujian Black Box Testing, untuk menganalisa serta memastikan fungsionalitas aplikasi. Dengan adanya pendekatan berupa permainan interaktif yang menyenangkan, aplikasi Let’s Play Mandarinku diharapkan dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik, kreatif dan bermanfaat untuk membantu user dalam menguasai Bahasa Mandarin dengan lebih mudah.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Construct 2, Android, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Bahasa Mandarin, HSK, Pembelajaran Interaktif | ||||||
Subjects: | 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 533 - Sastra (dan Bahasa) China (Mandarin) 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 798 - Teknologi Pendidikan |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Atikah Nuri Hazma | ||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:40 | ||||||
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:41 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44868 |
Available Versions of this Item
-
Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android. (deposited 29 Jul 2025 05:57)
-
Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android. (deposited 29 Jul 2025 06:43)
- Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android. (deposited 29 Jul 2025 06:40) [Currently Displayed]
-
Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android. (deposited 29 Jul 2025 06:43)
Actions (login required)
![]() |
View Item |