Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android

Hazma, Atikah Nuri (2025) Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Ringkasan)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31210646 Atikah Nuri Hazma - Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Bahasa Berbasis Android, Atikah Nuri Hazma, NIM E31210646, Tahun 2025, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Husin, S.Kom, M.MT (Pembimbing). Game edukasi merupakan sebuah permainan dalam bentuk media elektronik yang tercipta dari kombinasi antara teknologi dan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memberikan suasana berbeda dalam dunia pendidikan. Perancangan aplikasi game edukasi dalam penelitian ini digunakan untuk mengenalkan Bahasa Mandarin kepada khalayak umum. Game edukasi Let’s Play Mandarinku dirancang dengan menghadirkan dua sesi pembelajaran, yaitu sesi belajar dan sesi bermain. Sesi belajar menghadirkan pembelajaran materi dasar dan pembelajaran kosakata dengan menggunakan standart acuan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) tingkat 1, 2 dan 3. Pada sesi bermain menghadirkan tiga jenis permainan, yaitu koreksi aku, susun aku dan kuis yuk. Penelitian ini dirancang dan dikembangkan menggunakan platform Construct 2, dengan acuan metode Multimedia Develompment Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahapan, meliputi : Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari pengembangan tersebut diuji dengan menggunakan metode pengujian Black Box Testing, untuk menganalisa serta memastikan fungsionalitas aplikasi. Dengan adanya pendekatan berupa permainan interaktif yang menyenangkan, aplikasi Let’s Play Mandarinku diharapkan dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik, kreatif dan bermanfaat untuk membantu user dalam menguasai Bahasa Mandarin dengan lebih mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHusin, HusinNIDN0002078803
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Construct 2, Android, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Bahasa Mandarin, HSK, Pembelajaran Interaktif
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 533 - Sastra (dan Bahasa) China (Mandarin)
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 790 - Ilmu Pendidikan > 798 - Teknologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Atikah Nuri Hazma
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:43
Last Modified: 29 Jul 2025 06:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44840

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item