Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pakaian Adat Provinsi - Provinsi Di Pulau Jawa Dan Madura Berbasis Augmented Reality

Rachmalia, Alfionina Dwi (2025) Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pakaian Adat Provinsi - Provinsi Di Pulau Jawa Dan Madura Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy

Abstract

Pelestarian budaya tradisional Indonesia, khususnya pakaian adat, menjadi tantangan di era digital karena kurangnya media pembelajaran interaktif yang menarik bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah website berbasis teknologi Augmented Reality (AR) untuk memperkenalkan pakaian adat dari provinsi-provinsi di Pulau Jawa dan Madura. Sistem ini dirancang agar mudah digunakan oleh anak-anak maupun pengguna umum dengan pendekatan visual dan interaktif. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Website ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript dengan integrasi AR.js dan Three.js untuk fitur AR berbasis marker. Data pakaian adat dan marker disimpan di Supabase sebagai backend storage. Fitur utama dalam website ini meliputi galeri pakaian adat tiap provinsi, deskripsi, sejarah, dan filosofi pakaian, serta tombol “Coba AR” yang mengarahkan pengguna ke tampilan kamera untuk melihat model 3D secara langsung di atas marker. Seluruh data model 3D dan marker dapat dikelola melalui dashboard admin yang mendukung fitur CRUD. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik. Pengujian Blackbox menunjukkan tidak ada error pada sistem. Dengan adanya website ini, diharapkan pengguna, terutama anak-anak, dapat belajar tentang kekayaan budaya Indonesia dengan cara yang menyenangkan, modern, dan mudah diakses. Saran untuk pengembangan ke depan adalah penambahan konten - konten serta pengembangan versi mobile yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPuspitasari, Pramuditha Shinta DewiNIDN197306172023211006
Uncontrolled Keywords: bajuadat,jawa,madura,ar,augmentedreality,mdlc,blackbox,three.js
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Alfionina Dwi Rachmalia
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:24
Last Modified: 28 Jul 2025 01:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44737

Actions (login required)

View Item View Item