Prastiwi H, Dera (2025) Wirausaha Produk Olahan Pangan Lokal “Catella Crezz” Di Desa Patrang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (RINGKASN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (58kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (79kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (131kB) |
![]() |
Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Catella Crezz merupakan produk kering dengan bahan dasar singkong yang dikukus dan diiris tipis, kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan diberi bubuk rasa. Catella Crezz merupakan memiliki tekstur yang renyah dan menciptakan varian rasa seperti balado, jagung manis, dan pedas. Proses pembuatan cetella crezz terdiri dari mempersiapan alat dan bahan, pengupasan, pemotongan bahan, dan pencucian singkong, pengukusan singkong, pendinginan singkong dan oengirisan singkong, penggorengan singkong, pelabelan, serta penambahan rasa pada singkong dan pengemasan. Catella Crezz diproduksi sebanyak 10 kg bahan baku singkong dengan menghasilkan 32 kemasan untuk 1 kali produksi. Satu kemasan memiliki berat sebesar 100 gram. Pelaksanaan kegiatan tugas akhir ini untuk melaksanakan tahapan kegiatan proses produksi cetella crezz dan menganalisis usaha dari metode analisis seperti; BEP, R/C Ratio dan ROI, serta melakukan kegiatan pemasaran secara langsung dari produsen ke konsumen dan dari pengecer ke konsumen secara tidak langsung. Hasil produksi cetella crezz dalam satu kali proses memperoleh 32 kemasan dengan berat bersih per kemasan 100 gr dan harga jual Rp 8.000 per kemasan. Berdasarkan perhitungan analisis usaha yang dilakukan pada produk cetella crezz dihasilkan nilai BEP (produksi) sebanyak 25 kemasan dari jumlah produksi 32 kemasan dalam satu kali produksi, sedangkan nilai BEP (harga) Rp 6.332/kemasan dari harga jual sesungguhnya Rp 8.000. Hasil nilai R/C Ratio 1,72 dan nilai ROI 5,93%. Proses pemasaran pada produk menggunakan saluran pemasaran secara langsung dan untuk memperluas pemasaran cetella crezz dilakukan secraa tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Catella Crezz | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Dera Prastiwi | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:23 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:24 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |