Analisis Teknik Penjualan dan Negosiasi dalam Menarik Klien untuk menjadi Exhibitor Tenant dalam Event di PT Debindo Mitra Tama

Haris, Alifis Nazarullah (2024) Analisis Teknik Penjualan dan Negosiasi dalam Menarik Klien untuk menjadi Exhibitor Tenant dalam Event di PT Debindo Mitra Tama. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
LAPORAN MAGANG (RINGKASAN).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
LAPORAN MAGANG (BAB 1 PEDAHULUAN).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LAPORAN MAGANG (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG (LAPORAN LENGKAP).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Analisis Teknik Penjualan dan Negosiasi dalam Menarik Klien untuk menjadi Exhibitor Tenant dalam Event di PT Debindo Mitra Tama. Alifis Nazarullah Haris, NIM F41211154, Tahun 2025, Jurusan Bahasa, Komunikasi dan PariwisataProgram Studi D-IV Destinasi Pariwisata, Politeknik Negeri Jember, Degita Danur Suharsono, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pembimbing). Penjualan adalah aktivitas menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli dengan tujuan menghasilkan transaksi yang saling menguntungkan. Proses ini melibatkan identifikasi kebutuhan pelanggan, penyampaian tentang manfaat produk, dan penggunaan strategi untuk membangun kepercayaan serta meyakinkan pelanggan agar mengambil keputusan pembelian. Selain fokus pada transaksi, penjualan juga sering diarahkan untuk menciptakan hubungan jangka panjang guna mempertahankan hubungan ataran dua bela pihak. Sedangkan negoisasi adalah proses komunikasi antara dua atau lebih pihak yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Dalam negosiasi, setiap pihak menyampaikan kebutuhan, keinginan, dan batasan mereka sambil mencari solusi yang dapat diterima bersama. Proses ini sering melibatkan kompromi, argumentasi, dan persuasi untuk mencapai tujuan bersama tanpa merugikan salah satu pihak. Negosiasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada membangun hubungan yang baik untuk menciptakan kerja sama yang berkelanjutan di masa depan. Proses penjualan dimulai dengan penyusunan proposal yang menarik, mencakup informasi produk, keuntungan yang ditawarkan, serta harga yang kompetitif. Teknik yang digunakan dalam komunikasi dengan klien beragam, mulai dari pendekatan personal, soft selling, hingga hard selling, yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing klien. Penulis juga ikut berperan dalam mendampingi staf senior dalam pertemuan atau negosiasi dengan klien, mempelajari secara langsung bagaimana menghadapi keberatan, mengelola harapan klien, dan menutup kesepakatan dengan efektif. Selain itu, penulis terlibat dalam strategi follow-up untuk memaksimalkan peluang penutupan penjualan dan mempelajari pentingnya menjaga hubungan jangka panjang dengan klien. Evaluasi kinerja tim penjualan, analisis pasar, dan pemetaan target penjualan juga menjadi bagian dari kegiatan magang ini, yang memberi wawasan tentang bagaimana strategi penjualan disesuaikan untuk mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Secara keseluruhan, pengalaman magang ini memberikan pemahaman mendalam mengenai dinamika penjualan dan negosiasi di dunia event organizing, serta keterampilan praktis dalam merancang penawaran yang persuasive dan strategi untuk mempertahankan klien sebagai tenant dalam event. Melalui pengamatan langsung dan keterlibatan dalam proses penjualan, penulis memperoleh wawasan berharga yang dapat diaplikasikan dalam karir di bidang pemasaran dan penjualan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuharsono, Degita DanurNIP199304012018091001
Uncontrolled Keywords: Penjualan, Exhibitor Tenant, PT Debindo Mitra Tama
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > PKL
Depositing User: Alifis Nazarullah Haris
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:47
Last Modified: 14 Aug 2025 07:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/44382

Actions (login required)

View Item View Item