Analisis Usaha Pengemasan "Abon Lele Q" Di Dusun Karangrejo Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

Pradipta, Ananda Luki Lintang (2025) Analisis Usaha Pengemasan "Abon Lele Q" Di Dusun Karangrejo Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini dilakukan di Dusun Karangrejo, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan dengan tujuan melakukan pengemasan Abon Ikan Lele, melakukan analisis usaha, dan memasarkan produk Abon Ikan Lele. Kegiatan ini berlangsung mulai Agustus 2024 hingga Januari 2025. Proses pengemasan Abon Ikan Lele dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan, menimbang abon, mengisi abon ke dalam sachet aluminium dengan berat 20 gram per sachet, perekatan kemasan sachet, memberi label pada kemasan standing pouch, dan terakhir mengemas lima sachet abon 20 gram ke dalam satu standing pouch. Hasil analisis usaha termasuk Break Even Point (BEP), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), dan ROI (Return On Investment). Hasil analisis menunjukkan: (1) BEP produksi sebesar 17,70 kemasan, dengan 25 kemasan yang diproduksi per proses, dan BEP harga sebesar 21.243,07 per kemasan, dengan harga jual Rp 30.000 per kemasan; (2) R/C Ratio sebesar 1,41; dan (3) ROI sebesar 36,48%. Dengan demikian, usaha ini terbukti menguntungkan dan layak dijalankan. Segmentasi produk Abon Lele Q yaitu ibu rumah tangga dan konsumen penggemar makanan praktis dan mudah dibawa kemana saja, untuk target produk Abon Lele Q yaitu toko oleh-oleh, dan yang terakhir Abon Lele Q diposisikan sebagai makanan praktis, bergizi, dan memiliki rasa yang lezat. Pemasaran dilakukan melalui saluran langsung dari produsen ke konsumen dan pemasaran tidak langsung dengan menggunakan sistem konsinyasi. Bauran promosi yang digunakan untuk mengenalkan produk Abon Lele Q antara lain: Personal selling, Interactive Online Marketing, dan Word Of Mouth.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, Tia SofianiNIDN0016129406
Uncontrolled Keywords: Abon Ikan Lele, Analisis Usaha, Pengemasan
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ananda Luki Lintang Pradipta
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:02
Last Modified: 16 Jul 2025 02:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43933

Actions (login required)

View Item View Item