Saputra, Doni Gilang (2025) Analisis Usaha Bubur Ayam Pasundan di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Bubur Ayam Pasundan adalah sebuah makanan kuliner yang terkenal dengan citra rasa rempah-rempah pilihan dari wilayah Jawa Barat. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha, dan menerapkan strategi pemasaran 4P. Kegiatan Tugas Akhir ini dilaksanakan di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, mulai tanggal 21 Agustus 2024 hingga 21 Januari 2025. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode primer dan sekunder, berdasarkan hasil yang telah direalisasikan selama lima bulan. Proses produksi Bubur Ayam Pasundan dimulai dari persiapan alat dan bahan, pembersihan alat dan bahan, pengolahan bubur, pembuatan kuah/ayam, pembuatan topping bubur ayam, pengemasan, penyajian, dan pelabelan produk. Hasil analisis usaha menggunakan metode analisis BEP (Break Even Point) menghasilkan 20.508,23 kemasan dengan volume penjualan 25 kemasan. Metode analisis BEP (Harga) menghasilkan Rp. 9,43,95,-/kemasan dengan harga jual Rp. 12.000,-/kemasan. R/C Ratio menghasilkan 1,22, artinya setiap Rp. 1,00 biaya yang dikeluarkan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 1,22 dan laba Rp. 0,22. Hasil perhitungan ROI (Return on Investment) sebesar 9,25%, yang berarti bahwa usaha ini dapat mengembalikan investasi sebesar 9,25% dalam satu kali produksi. Investasi tersebut kembali 100% dibutuhkan 11 kali proses produksi. Strategi pemasaran produk Bubur Ayam Pasundan melibatkan empat unsur pemasaran 4P: Product (Produk), ditawarkan adalah Bubur Ayam Pasundan dengan Price (harga) Rp. 12.000,-/kemasan. Place (Lokasi), produksi dan pemasaran Bubur Ayam Pasundan berlokasi di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Jalur distribusi yang digunakan adalah distribusi langsung kepada konsumen (Customer). Promotion (Promosi), menggunakan personal selling dan promosi melalui media sosial seperti WhatsApp dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bubur, Ayam, Analisis Usaha,Pemasaran | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 182 - Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 183 - Ekonomi Pertanian 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Doni Gilang Saputra | ||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:29 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:29 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |