Analisis Usaha Mie Ayam Sawi Di Desa Sadengan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Pranata, Reyhan Januar (2025) Analisis Usaha Mie Ayam Sawi Di Desa Sadengan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (267kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini guna melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha, dan melakukan pemasaran produk mie ayam sawi. Tugas akhir ini berlangsung selama 6 bulan dari bulan Agustus hingga Januari 2025. Metode pengumpulan data menggunakan metode primer dan sekunder. Kegiatan produksi dilakukan sebanyak 5 kali, di mana satu kali proses produksi membutuhkan 4 jam dan 1 tenaga kerja. Produksi diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan, penimbangan bahan, pencucian bahan dan ayam, pencampuran adonan, pembuatan mie. Pada produksi mie ayam sawi melalui 2 tahapan yaitu membuat adonan dan membuat adonan menjadi mie. Metode analisis yang digunakan meliputi perhitungan BEP, R/C Ratio, ROI serta menggunakan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Pemasaran yang dilakukan yaitu dengan pemasaran secara langsung kepada konsumen. Saluran distribusi yang digunakan pada usaha mie ayam sawi yaitu menggunakan saluran distribusi langsung. Berdasarkan analisis usaha yang diperoleh dalam satu kali proses produksi, dari BEP (Produksi) sebanyak 16,81 kemasan dengan total produksi sebanyak 20 kemasan, sedangkan BEP (harga) sebesar Rp10.084,4/kemasan dengan harga jual sebesar Rp12.000/kemasan. Nilai R/C Ratio sebesar 1,190 dan ROI sebesar 1,47%. Berdasarkan analisis usaha yang dilakukan, produk mie ayam sawi menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Produk mie ayam sawi ini dipasarkan di wilayah Jember Kota, dengan saluran pemasaran menggunakan pemasaran secara langsung. Promosi yang dilakukan yaitu personal selling atau menawarkan produk secara langsung ke calon konsumen serta melalui media sosial, seperti WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN199110212019032017
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha,mie ayam, Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Reyhan Januar Pranata
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:55
Last Modified: 10 Jul 2025 08:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43461

Actions (login required)

View Item View Item