Perancangan UI/UX Aplikasi Website dan Mobile pada Toko Kain Textile Warna- Warni di Kabupaten Nganjuk dengan Metode Design Thinking

Agustin, Priscilia Hilda (2025) Perancangan UI/UX Aplikasi Website dan Mobile pada Toko Kain Textile Warna- Warni di Kabupaten Nganjuk dengan Metode Design Thinking. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN PRISCILIA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (78kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN PRISCILIA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (24kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PRISCILIA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Toko Kain Textile Warna-Warni merupakan salah satu pelaku usaha di bidang tekstil di Kabupaten Nganjuk yang belum memanfaatkan teknologi digital sebagai media pemasaran. Proses pembelian kain masih dilakukan secara manual, sehingga kurang terstruktur dan membatasi jangkauan pasar dan digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi berbasis Website dan Mobile guna menunjang kegiatan pemasaran dan transaksi di Toko Kain Textile Warna-Warni. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Evaluasi pengalaman pengguna dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa nilai User Experience pada beberapa aspek berada di kategori “Good” dan “Excellent”. Pengujian Website menghasilkan nilai Attractiveness bernilai 1,583, Perspicuity bernilai 1,750, Efficiency bernilai 1,625, Dependability bernilai 1,875, Stimulation bernilai 1,750 dan Novelty bernilai 1,750. Pengujian pada Mobile menghasilkan nilai Attractiveness bernilai 2,250, Perspicuity bernilai 2,181, Efficiency bernilai 2,187, Dependability bernilai 2,138, Stimulation bernilai 1,908 dan Novelty bernilai 2,085. Pendekatan pada Design Thinking menghasilkan desain sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNi'mah, KhomsatunNIDN0703018502
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Design Thinking, User Experience Questionnaire (UEQ), User Interface, User Experience.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika (Nganjuk) > Publikasi
Depositing User: Priscilia Hilda Agustin
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:08
Last Modified: 08 Jul 2025 03:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43118

Actions (login required)

View Item View Item