Prosedur Persediaan Barang Masuk dan Keluar Gudang Bahan Baku pada PT. Romi Violeta

Mukasanah, Siti Lailatul (2025) Prosedur Persediaan Barang Masuk dan Keluar Gudang Bahan Baku pada PT. Romi Violeta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap (4).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang merupakan bagian dari kurikulum Politeknik Negeri Jember yang dirancang untuk memberikan pembelajaran lapang dengan tujuan memperkenalkan serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Kegiatan magang juga dapat membantu mahasiswa meghadapi tantangan dunia kerja dan membangun jaringan profesional untuk masa depan. Pengalaman magang penting sebagai langkah awal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam meghadapi tantangan industri dari berbagai sektor. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada PT. Romi Violeta, dimulai tanggal 10 Juli 2024 hingga 10 Desember 2024. PT. Romi Violeta merupakan perusahaan manufaktur dan exportir furniture yang berfokus pada produk kayu dan rotan. PT. Romi Violeta di dirikan pada tahun 1982 yang terletak di Kompleks Industrial Rungkut (SIER). Pada tahun 1989 PT. Romi Violeta pindah lokasi di Buduran Sidoarjo untuk meningkatkan fasilitas. PT. Romi Violeta telah melaksanakan ISO 9001:2000 pada tahun 2000 dan diperbarui dengan ISO 9001:2008. PT. Romi Violeta juga memiliki standar dalam pemilihan bahan baku utama yaitu SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu). Laporan magang ini, memuat topik mengenai prosedur persediaan barang masuk dan keluar gudang bahan baku pada PT. Romi Violeta. Pemilihan topik ini dikarenakan persediaan di gudang memiliki peran penting dalam memastikan efisiensi operasional dan pengelolaan stok secara optimal. Penerapan sistem manajemen persediaan terencana dan penggunaan metode yang tepat mempengaruhi kualitas dan efisiensi pengelolaan stok bahan baku di gudang. Prosedur persediaan barang masuk gudang yang diterapkan PT. Romi Violeta dibedakan antara raw material dan supporting material. Alur barang (raw viii material) masuk gudang membutuhkan proses administrasi dan perlakuan yang berbeda tergantung dari jenis materialnya. Alur raw material kayu balok dimulai dari penerimaan barang, verifikasi fako, pengecekan fisik, pengeringan klin dry, issuen, dan input PTRV. Sedangkan alur raw material plywood, MDF, rotan, metal, Veneer, dan kaca dimulai dari penerimaan barang, pengecekan fisik, klasifikasi, dan input PTRV. Alur barang (supporting material) masuk gudang dimulai dari penerimaan barang, verifikasi barang, pencatatan, pemeriksaan fisik, pelabelan, penyimpanan barang, dan input PTRV. Prosedur persediaan barang keluar gudang umumnya mengikuti pola yang serupa antara raw material dan supporting material. Terdapat perbedaan pada raw material kayu balok dimulai dari slip issuen dan perhitungan kubikasi, selain itu semua barang memiliki alur yang sama mulai dari Bon Pengambilan Material, persiapan barang, pengiriman barang, dan pencatatan bincard. Proses pengelolaan persediaan barang masuk dan keluar gudang pada PT. Romi Violeta meghadapi beberapa kendala antara lain: perbedaan jumlah stok persediaan di gudang dan bincard serta sistem PTRV, kedatangan bahan baku dar supplier tidak sesuai pesanan, dan pengelolaan bincard manual. Kondisi ini dapat menghambat kelancaran proses produksi, sehingga memerlukan prosedur persediaan bahan baku di gudang yang efektif. Penulis memberikan beberapa solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh PT. Romi Violeta. Solusi untuk kendala yang berada di gudang meliputi: implementasi sistem barcode, pemantauan penerapan SOP pengambilan barang di gudang, standarisasi pemilihan supplier, penerapan sistem kontrak dengan mitra (MoU), dan digitalisasi pencatatan ERP (Enterprise Resource Planning). (Jurusan Manajemen agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember PSDKU Kampus 4 Kabupaten Sidoarjo)

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSlamet, Ahmad Haris HasanuddinNIDN0004039402
Uncontrolled Keywords: Barang Masuk Bahan Baku Kayu Manajemen Bahan Baku Persediaan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 190 - Ilmu Kehutanan > 194 - Teknologi Hasil Hutan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri (PSDKU Sidoarjo) > PKL
Depositing User: Siti Lailatul Mukasanah
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:12
Last Modified: 08 Jul 2025 03:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43099

Actions (login required)

View Item View Item