Qomariyah, Siti (2025) Analisis Usaha Molen Selai Salak Di Desa Kajar Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (12kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (189kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Molen selai salak adalah jajanan molen mini dengan varian baru yaitu menggunakan isian selai salak. Molen selai salak memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur renyah di luar dan lembut dibagian dalamnya. Tujuan dilakukannya tugas akhir ini adalah dapat melakukan kegiatan proses produksi molen selai salak, dapat melakukan analisis usaha proses produksi molen selai salak, dapat menerapkan bauran pemasaran molen selai salak. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Kajar Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso, dimulai 26 Juli 2024 hingga 18 Desember 2024. Jumlah bahan baku yang digunakan 2 Kg tepung terigu dan 2 Kg salak yang menghasilkan 34 kemasan dan dijual dengan harga Rp 6.000 per kemasan. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan tahapan proses pembuatan yaitu persiapan alat dan bahan, pengupasan dan pencucian buah salak, penghalusan buah salak, pemasakan selai salak, penimbangan bahan, pencampuran bahan, penggilingan kulit molen, pengisian selai salak, penggorengan molen, pengemasan dan pelabelan. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu Break Even Point, Revenue Cost Ratio, Return On Investment. Perhitungan analisis usaha diperoleh hasil BEP (Produksi) 27,2568 kemasan dengan jumlah produksi sebanyak 34 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp 4.810,03/kemasan dengan harga jual produk Rp 6.000/kemasan, R/C Ratio senilai 1,247 dan ROI senilai 0,62%. Berdasarkan dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha molen selai salak layak untuk diusahakan dan menguntungkan. Strategi pemasaran menggunakan bauran pemasaran 4p (Product, Price, Place, Promotion). Product yang ditawarkan adalah molen selai salak. Price (Harga) yang ditetapkan yakni sebesar Rp 6.000. Place menggunakan saluran secara langsung, serta promotion yaitu menggunakan media sosial Whatsaap dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Molen, Salak | ||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen |
||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Siti Qomariah | ||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:12 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 01:12 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/43039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |