Inovasi Pembelajaran STEAM Berbasis Remote Control Bluetooth Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Ratindra, Ihya Nurina (2025) Inovasi Pembelajaran STEAM Berbasis Remote Control Bluetooth Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini mengembangkan media pembelajaran berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) menggunakan remote control Bluetooth yang dikendalikan dengan aplikasi PictoBlox. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan logika pemrograman siswa sekolah dasar secara terintegrasi, dengan melibatkan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Model pembelajaran yang dirancang mencakup penyusunan silabus dan dua jenis modul, yaitu modul ajar untuk guru dan modul belajar untuk siswa, yang disusun dengan gaya bahasa berbeda menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Remote control yang dikembangkan terdiri dari tiga varian, yaitu remote control Bluetooth, remote control gripper, dan remote control soccer, yang dirakit menggunakan mikrokontroler ESP32, motor DC, servo, dan komponen pendukung lainnya. Remote control ini tidak menggunakan sensor, dan dirancang dengan fokus pada logika perintah gerakan dasar. Dalam proses pengembangan, remote control Bluetooth dikendalikan secara manual melalui logika blok di PictoBlox, dan pembelajarannya disesuaikan untuk siswa SD dalam bentuk aktivitas kolaboratif berbasis proyek. Uji coba dilakukan di SD Al Furqan Jember bersama guru kelas dan kepala sekolah, menunjukkan bahwa pendekatan ini dinilai efektif untuk membangun ketertarikan siswa terhadap teknologi. Evaluasi dari guru menunjukkan bahwa media dan modul mudah dipahami dan aplikatif, serta dinilai layak untuk dikembangkan sebagai kurikulum pembelajaran jangka panjang. Penyempurnaan dilakukan pada aspek visual modul dan alokasi waktu pembelajaran, yang disarankan diperluas menjadi satu semester. Inovasi ini menunjukkan potensi besar untuk diterapkan secara luas di sekolah dasar sebagai alternatif pembelajaran yang kreatif dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWiryawan, I GedeNIDN0017018808
Uncontrolled Keywords: steam,remote control bluetooth, literasi dan numerasi, siswa sd, pictoblox
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 451 - Teknik Elektro
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Ihya Nurina Ratindra
Date Deposited: 03 Jul 2025 00:15
Last Modified: 03 Jul 2025 00:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42904

Actions (login required)

View Item View Item