Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

Maulidya, Nurul Fajri (2025) Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (237kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (101kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Tugas Akhir Revisi- Maulidya.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama di era digital di mana teknologi dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran. Salah satu tantangan di pendidikan dasar Indonesia adalah penyampaian materi matematika yang sering dianggap sulit dan kurang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan game edukasi menjadi solusi inovatif yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi matematika berbasis Android untuk siswa kelas 3 SD, dengan materi bilangan, operasi hitung, dan pengukuran, yang dirancang sesuai kurikulum dan dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Game ini dibuat dalam bentuk 2D platformer dengan desain antarmuka ramah anak dan tantangan yang menarik. Game edukasi menawarkan cara belajar yang menyenangkan dan interaktif, yang terbukti dapat meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pengembangan game edukasi matematika berbasis Android dinilai relevan dengan kebutuhan siswa sekolah dasar, khususnya kelas 3. Melalui game ini, proses belajar menjadi lebih efektif karena menggabungkan elemen hiburan dan pembelajaran. Dengan mengacu pada kurikulum dan memanfaatkan teknologi, pengembangan game edukasi diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSetyohadi, Dwi Putro SarwoNIDN0017058003
Uncontrolled Keywords: Game,Matematika, Media Pembelajara, Sekolah Dasar
Subjects: 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 770 - Ilmu MIPA > 772 - Pendidikan Matematika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Fajri Maulidya
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:13
Last Modified: 02 Jul 2025 03:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42747

Actions (login required)

View Item View Item