Maulidya, Nurul Fajri (2025) Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (84kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (237kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (101kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Tugas Akhir Revisi- Maulidya.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama di era digital di mana teknologi dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran. Salah satu tantangan di pendidikan dasar Indonesia adalah penyampaian materi matematika yang sering dianggap sulit dan kurang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi hal ini, penggunaan game edukasi menjadi solusi inovatif yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi matematika berbasis Android untuk siswa kelas 3 SD, dengan materi bilangan, operasi hitung, dan pengukuran, yang dirancang sesuai kurikulum dan dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Game ini dibuat dalam bentuk 2D platformer dengan desain antarmuka ramah anak dan tantangan yang menarik. Game edukasi menawarkan cara belajar yang menyenangkan dan interaktif, yang terbukti dapat meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pengembangan game edukasi matematika berbasis Android dinilai relevan dengan kebutuhan siswa sekolah dasar, khususnya kelas 3. Melalui game ini, proses belajar menjadi lebih efektif karena menggabungkan elemen hiburan dan pembelajaran. Dengan mengacu pada kurikulum dan memanfaatkan teknologi, pengembangan game edukasi diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Game,Matematika, Media Pembelajara, Sekolah Dasar | ||||||
Subjects: | 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi 710 - Rumpun Ilmu Pendidikan > 770 - Ilmu MIPA > 772 - Pendidikan Matematika |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Nurul Fajri Maulidya | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:13 | ||||||
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:14 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |