Analisis Usaha Abon Ikan Pari “Zam Zam“ Di Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan

Zami, Firdausil Akbari Zam (2020) Analisis Usaha Abon Ikan Pari “Zam Zam“ Di Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (209kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
11. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Full Text)
D31171338_LAPOARAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tugas akhir yang berjudul Analisis Usaha Abon Ikan Pari “Zam Zam” di Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dilaksanakan selama 4 bulan yaitu pada 1 desember 2019 sampai 31 maret 2020. Tujuan tugas akhir ini untuk dapat melakukan proses produksi, menganalisis kelayakan usaha dengan menggunakan analisis BEP, R/C Ratio dan ROI, serta dapat melakukan pemasaran dalam usaha abon ikan pari zam zam. Metode yang digunakan yaitu melakukan praktek kegiatan proses produksi sebanyak 5 kali proses produksi, setiap satu kali proses produksi menghasilkan 15 kemasan. Hasil yang diperoleh yaitu BEP (Produksi) diperoleh hasil sebanyak 13 kemasan dari total produksi 15 kemasan, BEP (Harga) sebesar Rp 10.953,848 dengan harga jual Rp 12.500, R/C Ratio sebesar 1,141 dan ROI sebesar 6%. Hasil analisis usaha dapat diketahui bahwa usaha Abon Ikan Pari “Zam Zam” menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran Abon Ikan Pari “Zam Zam” menggunakan bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Produk dari tugas akhir ini adalah abon ikan pari dengan berat bersih 100 gram perkemasan. Dan dijual dengan harga Rp 12.500 perkemasan. Produk dipasarkan di Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Pemasaran dilakukan dengan menggunakan salauran pemasaran secara langsung dan tidak langsung. Kegiatan promosi yang dilakukan yaitu direct selling atau bertatap muka secara langsung dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMahanani, Retno SariNIDN0007057003
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Heru Purnomo
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:58
Last Modified: 23 Oct 2020 07:25
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item