Ciptasari, Ayu Eka (2025) Aplikasi Pengenalan Angka dan Penjumlahan Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Dua Marker Augmented Reality. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (244kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (245kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (208kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah dasar memerlukan pendekatan yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Namun, observasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan di sekolah dasar, khususnya pada siswa kelas 1, masih didominasi oleh buku cetak. Hal ini membuat proses pembelajaran matematika, seperti pengenalan angka dan penjumlahan, menjadi kurang menarik dan sulit dipahami secara visual oleh siswa. Seiring dengan perkembangan zaman, dibutuhkan media pembelajaran alternatif yang dapat mendukung pembelajaran visual dan meningkatkan interaksi siswa terhadap materi. Salah satu teknologi yang tepat untuk digunakan adalah Augmented Reality (AR), karena dapat menggabungkan objek virtual ke dalam dunia nyata secara real-time dan interaktif. Untuk itu, dikembangkanlah sebuah aplikasi media pembelajaran bernama ARitmatika Kids berbasis AR dengan memanfaatkan dua marker, yang bertujuan untuk membantu siswa mengenali angka dan memahami konsep penjumlahan dasar. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), serta dibangun dengan tools seperti Unity, Vuforia SDK, dan Firebase. Fitur utama dalam aplikasi ini meliputi AR Kamera untuk menampilkan angka 3D, fitur penggabungan dua marker untuk visualisasi penjumlahan, serta menu Materi dan Quiz yang dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Pretest dan Posttest untuk mengukur pemahaman siswa. Aplikasi ARitmatika Kids telah dipublikasikan melalui Google Play Store, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh guru dan siswa. Penulis berharap, media pembelajaran ini dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam mempelajari matematika dasar secara lebih menyenangkan dan interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | augmentedreality,duamarker,game,mediapembelajaran,sd,ar,mobileapp,matematika,penjumlahan | ||||||
Subjects: | 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 121 - Matematika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Ayu Eka Ciptasari | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2025 03:33 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2025 03:33 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/42109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |