Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Sayuran 3 Dimensi Untuk Anak Di Tk Baiturrohman Menggunakan Augmented Reality

Pamungkas, Muhamad Bayu Candra (2025) Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Sayuran 3 Dimensi Untuk Anak Di Tk Baiturrohman Menggunakan Augmented Reality. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (180kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (265kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFUS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (229kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Sayuran 3 Dimensi Kepada Anak TK-revisi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Menurut Ibu Siti Asiyah, S.Ag. penggunaan media pembelajaran konvensional seperti buku cetak dan gambar 2D di TK Baiturrohman dikatakan belum optimal bagi anak usia dini, sehingga menurunkan minat belajar dan pemahaman mereka terhadap jenis dan manfaat sayuran. Rendahnya minat anak-anak dalam mengonsumsi sayuran juga menjadi permasalahan yang perlu diatasi sejak dini melalui edukasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa aplikasi pengenalan sayuran 3D berbasis Augmented Reality (AR) dengan metode Marker Based Tracking. Aplikasi ini dirancang khusus untuk anak usia dini guna menyajikan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Proses pengembangan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi menampilkan 15 jenis sayuran dalam bentuk objek 3D buatan Blender yang diintegrasikan ke dalam Unity menggunakan Vuforia SDK, lengkap dengan narasi suara dan informasi nama serta manfaat sayuran. Terdapat pula fitur tampilan fase pertumbuhan yang diakses secara manual melalui tombol. Berdasarkan pengujian menggunakan metode User Acceptance Test (UAT), aplikasi ini memperoleh skor 88,07% dan masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman anak usia dini terhadap sayuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYuana, Dia Bitari MeiNIDN0008059304
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pendidikan Anak Usia Dini, Sayuran 3D, MDLC, Media Interaktif
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Muhamad Bayu Candra Pamungkas
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:28
Last Modified: 18 Jun 2025 02:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41970

Actions (login required)

View Item View Item