Arifin, Dimas Adi Putra (2025) Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web untuk Menilai Rating Umur dalam Video Game Menggunakan Metode Knn: Studi Kasus Penentuan Kesesuaian Game untuk Anak-Anak atau Orang Dewasa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (525kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (711kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (241kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah bentuk media permainan yang dulunya masih tradisional sekarang semuanya sudah menjadi digital, dengan berbagai jenis permainan yang kini mudah diakses oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Konten didalam video game itu sendiri terkadang tidak sesuai untuk semua kalangan umur, sehingga penting adanya sistem klasifikasi yang mampu menilai kecocokan konten game dengan usia penggunanya. Indonesia sendiri, ada aturan yang mengatur klasifikasi umur pada video game, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomer 2 Tahun 2024 hadir sebagai pedoman klasifikasi game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem klasifikasi rating umur video game berbasis web menggunakan K-Nearest Neighbors (K-NN), dengan memanfaatkan data dari pengguna dan basis data ESRB. Sistem ini menyediakan klasifikasi usia: 3+, 7+, 13+, 18+, dan Semua Umur. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berhasil diimplementasikan dengan akurasi mencapai 95,43%, serta precision dan recall yang konsisten untuk sertiap kategori, dengan demikian, sistem ini dinilai layak digunakan sebagai alat bantu dalam menentukjan klasifikasi usia yang sesuai dengan video game yang dimainkan pengguna, sehingga dapat membantu pengguna dalam membuat keputusan yang lebih bijak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Klasifikasi Umur, Video Game, K-Nearest Neighbors (K-NN), Sistem Berbasis Web, Rating Game, Konten Game, ESRB. | ||||||
Subjects: | 100 - Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) > 120 - Matematika > 123 - Ilmu Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika (Nganjuk) > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Dimas Adi Putra Arifin | ||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:07 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:08 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |