Pengembangan Aplikasi Game Budaya Bahasa Banjar Dialek Hulu Kalimantan Selatan Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (gdlc) Berbasis Website

Napitupulu, Gema Hanna (2025) Pengembangan Aplikasi Game Budaya Bahasa Banjar Dialek Hulu Kalimantan Selatan Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (gdlc) Berbasis Website. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan semakin berkembang dan menjadi media penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa daerah, khususnya Bahasa Banjar dialek Hulu, dalam bentuk permainan kuis interaktif berbasis website. Aplikasi ini dibangun menggunakan framework Svelte untuk sisi frontend dan Firebase sebagai layanan backend untuk autentikasi serta penyimpanan data. Fitur utama yang dikembangkan meliputi modul pembelajaran kosakata, kamus interaktif, permainan kuis, serta evaluasi hasil belajar. Komponen antarmuka dirancang agar ramah pengguna dan responsif pada berbagai perangkat, baik desktop maupun mobile. Pengujian dilakukan secara fungsional untuk memastikan semua fitur berjalan sesuai harapan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berhasil menampilkan konten secara dinamis, menyimpan data pengguna dengan baik, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media alternatif dalam mendukung pelestarian bahasa daerah melalui pendekatan edukatif yang modern dan menyenangkan. Dengan penggunaan teknologi website, aplikasi ini juga dapat dengan mudah diakses secara luas oleh masyarakat. Keywords: Bahasa Banjar, Kuis Interaktif, Svelte, Firebase, Aplikasi Web, Pembelajaran Bahasa Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWibowo, Nugroho SetyoNIDN0019057403
Uncontrolled Keywords: Bahasa Banjar, Kuis Interaktif, Svelte, Firebase, Aplikasi Web, Pembelajaran Bahasa Daerah
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Gema Hanna Napitupulu
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:17
Last Modified: 03 Jun 2025 06:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41485

Actions (login required)

View Item View Item