Dewi, Amalia Fitria (2025) Pengujian Usability pada Aplikasi Re-Food untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Penyajian Produk Melalui Sistem Rekap Order Otomatis. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
![]() |
Text (Abstract)
SKRIPSI AMALIA FITRIA DEWI (2).pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (47kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
SKRIPSI AMALIA FITRIA DEWI (3).pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (50kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI AMALIA FITRIA DEWI (4).pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (106kB) |
![]() |
Text (Laporan Lengkap)
SKRIPSI AMALIA FITRIA DEWI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di tengah pandemi COVID-19, resto menghadapi tantangan besar untuk beradaptasi dengan penjualan makanan secara digital akibat kebijakan social distancing. Banyak resto yang belum pernah menerapkan sistem pemesanan digital mengalami kerugian yang cukup besar, sehingga mendorong mereka untuk belajar mengelola pesanan secara online. Selain itu, tantangan tambahan muncul ketika sudah mempelajari penjualan secara digital namun dari penggunaan platform pengiriman pihak ketiga seringkali menaikkan harga sebagai biaya layanan, sehingga merugikan pemilik resto maupun pelanggan. Sebagai solusi, sistem Re Food yang memanfaatkan WhatsApp Business diusulkan dan diproduksi untuk menghubungkan resto langsung dengan pelanggan dan memungkinkan komunikasi dan pengelolaan pesanan secara lebih efektif dan efisien. Demi meningkatkan sistem ini, diterapkan metode pengujian Unmoderate Usability, yang memfasilitasi analisis interaksi pengguna dengan sistem dalam lingkungan nyata, tanpa pengaruh dari seorang moderator. Pengujian ini sangat penting karena memberikan gambaran yang lebih jujur dan akurat tentang bagaimana sistem beroperasi dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan berbagai fitur yang disediakan. Diharapkan melalui pengujian ini, dapat diidentifikasi dan diperbaiki masalah antarmuka yang mungkin menyulitkan pengguna dan meningkatkan waktu respons sistem. Tujuan akhir adalah untuk menciptakan desain sistem yang intuitif dan responsif, yang memenuhi kebutuhan harian baik pelanggan maupun pemilik restoran, menjadikan sistem Re-Food solusi optimal untuk pemesanan makanan secara digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, penjualan makanan digital,, pengelolaan pesanan online, platform pengiriman pihak ketiga, sistem Re-Food, Unmoderate Usability Testing, interaksi pengguna, kepuasan pengguna. | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Amalia Fitria Dewi | ||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 03:04 | ||||||
Last Modified: | 21 May 2025 03:06 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/41249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |