Alffy Rev “Wonderland Indonesia”: Wajah Baru Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia Era Digital Melalui Media-Induced Tourism

Milawaty, Milawaty and Nanita, Evio Tanti and Santoso, Zefanya Kirana Puji Noveca (2025) Alffy Rev “Wonderland Indonesia”: Wajah Baru Promosi Budaya dan Pariwisata Indonesia Era Digital Melalui Media-Induced Tourism. Jasima: Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media, 5 (2). pp. 166-186. ISSN 2723-0562

[img] Text
5. DOKUMEN ARTIKEL MILAWATY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
7. DOKUMEN UJI KEMIRIPAN MILAWATY.pdf - Supplemental Material

Download (7MB)
Official URL: https://e-journals2.unmul.ac.id/index.php/jasima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji konten kreatif karya Youtuber populer Alffy Rev berjudul “Wonderland Indonesia” yang sejak pengunggahannya mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat serta dampaknya bagi promosi budaya dan pariwisata Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui etnografi digital (digital etnography) dengan data berupa konten Youtube serta respon penonton di kolom komentar. Dalam analisis data, Teori Representasi Budaya dan Praktik Penandaan (Cultural Representations and Signifying Practices) dan Teori Resepsi (Reception) Stuart Hall diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik video “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev merepresentasi budaya Indonesia melalui reflective representation dengan penggunaan berbagai simbol-simbol budaya seperti rumah adat, baju adat, musik daerah, dan destinasi wisata untuk merefleksikan keragaman dan keunikan budaya serta pariwisata Indonesia. Selain itu, constructionist representation juga dilakukan melalui visualisasi serta aransemen musik daerah yang digabung dengan musik modern yang seolah membawa rasa dan warna baru pada budaya nasional Indonesia. Proyek “Wonderland Indonesia” mendapatkan respon positif dari masyarakat, baik masyarakat nasional maupun internasional dengan banyaknya pembacaan dominan/ positif terhadap karya tersebut. Dari sini disimpulkan bahwa konten kreatif “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev berpotensi membawa dampak Media-Induced Tourism atau pariwisata yang dipengaruhi oleh media, dalam hal ini YouTube, khususnya pada generasi penikmat media sosial terbesar yakni generasi Y dan Z melalui representasi budaya yang dikemas secara apik dan modern dengan sentuhan digitalisasi. Media-Induced Tourism juga dapat dilihat sebagai wajah baru promosi budaya dan pariwisata Indonesia di era digital mengingat semakin meningkatnya penggunaan media sosial oleh masyarakat luas.

Item Type: Article
Subjects: 620 - Rumpun Ilmu Humaniora > 699 - Kepariwisataan
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Destinasi Pariwisata > Publikasi
Depositing User: Milawaty Milawaty
Date Deposited: 07 Mar 2025 04:29
Last Modified: 07 Mar 2025 04:29
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40256

Actions (login required)

View Item View Item