Peran Media Sosial dalam Membentuk Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Bondowoso

Junaedi, Rusli Akhmad and Rahmatullah, Moh Adi and Anggoro, Amir Dwi and Safira, Jesica Zahra (2025) Peran Media Sosial dalam Membentuk Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Bondowoso. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 6 (1). pp. 45-55. ISSN 2745-5920

[img] Text (Hasil Similarity)
Turnitin Peran Media Sosial dalam Membentuk Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Bondowoso.pdf - Supplemental Material
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Full Paper)
3933 - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31kB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JAISS/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran media sosial dalam membentuk citra pariwisata Kabupaten Bondowoso. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya citra destinasi dalam menarik wisatawan, khususnya di Kabupaten Bondowoso dan keterkaitannya dengan media sosial memainkan peran krusial dalam membangun narasi dan persepsi positif tentang destinasi pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis konten dari berbagai platform media sosial. Hasil penelitian menunjukkan media sosial secara signifikan memengaruhi persepsi dan citra wisatawan terhadap Kabupaten Bondowoso dengan konten yang dikurasi oleh influencer sebagai faktor kunci dalam menarik minat wisatawan. Selain meningkatkan visibilitas destinasi, media sosial juga berfungsi sebagai alat untuk membangun hubungan emosional antara destinasi dan pengunjung. Meskipun terdapat tantangan seperti risiko misinformasi, konten yang autentik dan interaksi positif dapat memperkuat citra destinasi dan mendorong pertumbuhan pariwisata. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis kepada pemangku kepentingan pariwisata di Kabupaten Bondowoso untuk memanfaatkan media sosial secara efektif dalam membangun citra positif dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Item Type: Article
Subjects: 580 - Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora > 610 - Ilmu Sosial > 622 - Ilmu Komunikasi
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D4 Produksi Media > Publikasi
Depositing User: Rusli Akhmad Junaedi
Date Deposited: 07 Mar 2025 04:01
Last Modified: 07 Mar 2025 07:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40254

Actions (login required)

View Item View Item