Analisis Usaha Manisan Basah Buah Siwalan di Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

Dzatinnufudz, Sihha (2025) Analisis Usaha Manisan Basah Buah Siwalan di Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk melaksanakan proses produksi, melakukan analisis usaha dan menerapkan bauran pemasaran produk manisan basah buah siwalan. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 4 bulan dimulai pada tanggal 08 Agustus 2024 dan berakhir 25 November 2024 serta dilaksanakan di Kelurahan Panyuran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan sekunder. Satu proses produksi dapat menghasilkan 27 cup dengan berat bersih per cup 120 gram dan dijual sebesar Rp 6.000,- per cup. Tenaga kerja untuk proses produksi berjumah satu orang. BEP, R/C Ratio dan ROI digunakan sebagai metode analisis usaha. Hasil BEP (Produk) sebesar 15,24 cup dengan total produksi sebanyak 27 cup, BEP (Harga) Rp 3.386,76 per cup dengan harga jual manisan basah buah siwalan sebesar Rp 6.000,- per cup, nilai R/C Ratio sebesar 1,771 dan ROI sebesar 1,30% sehingga berdasarkan dari ketiga metode analisis usaha yang digunakan produk manisan basah buah siwalan dapat diinterpretasikan menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Produk manisan basah buah siwalan dipasarkan di 2 wilayah yaitu Kabupaten Tuban dan Kabupaten Jember. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran secara langsung dan promosi yang digunakan adalah personal selling, Whatsapp, dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidyatami, Linda EkadewiNIDN0008038404
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Manisan, Siwalan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Sihha Dzatinnufudz
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:58
Last Modified: 18 Feb 2025 01:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40024

Actions (login required)

View Item View Item