Analisis Variasi Pembebanan Statis Pada Desain Rangka Kendaraan Listrik Roda Tiga Multifungsi Menggunakan Software Ansys Workbench 2024 R1

Alamussofiyullah, Alamussofiyullah (2025) Analisis Variasi Pembebanan Statis Pada Desain Rangka Kendaraan Listrik Roda Tiga Multifungsi Menggunakan Software Ansys Workbench 2024 R1. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dengan memilih jenis material yang akan digunakan, kekuatan, ketahanan, dan keamanan dapat ditingkatkan. Perkembangan teknologi sekarang ini membuat dan menganalisi suatu desain menjadi lebih muda sebelum dilakukan tahap produksi. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis variasi pembebanan statis pada desain rangka kendaraan listrik roda tiga multifungsi menggunakan software ansys workbench 2024 R1 untuk menghasilkan nilai tegangan, defleksi, dan safety factor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekuatan desain rangka dan menganalisa desain rangka tersebut, material yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Carbon Steel AISI 1020 dan Stainless Steel AISI 316 dengan variasi pembebanan 215 Kg, 265 Kg, dan 365 Kg. Hasil pengujian pada material Carbon steel AISI 1020 dengan pembebanan tersebut berturut-turut adalah nilai tegangan maksimum sebesar 29.175 MPa, 35.96 MPa, 49.53 MPa. Nilai defleksi sebesar 0.098137 mm, 0.12096 mm, 0.1666 mm. Serta nilai safety factor sebesar 10.06, 8.1619, 5.9257. Sedangkan untuk material Stainless steel AISI 316 dengan pembebanan tersebut berturut-turut adalah nilai tegangan maksimum sebesar 29.287 MPa, 36.098 MPa, 49.72 MPa. Nilai defleksi sebesar 0.10717 mm, 0.13209 mm, 0.18194 mm. Serta nilai safety factor sebesar 8.6079, 6.9838, 5.0704.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZain, Alex TaufiqurrohmanNIDN0017109301
Uncontrolled Keywords: Tegangan, defleksi, safety faktor
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 436 - Penerbangan/Aeronotika dan Astronotika
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Alamussofiyullah Alamussofiyullah
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:12
Last Modified: 17 Feb 2025 02:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/40002

Actions (login required)

View Item View Item