Kirana, Galuh Reviko Satya (2025) Perancangan Front End Admin Pada Sistem Informasi Pengaduan Internal Badan Pusat Statistik Kota Surabaya Berbasis Website. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (115kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (306kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (162kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan aplikasi Sistem Pengaduan Internal dilatar belakangi oleh kebutuhan internal BPS Kota Surabaya akan sebuah sistem pengaduan yang lebih terstruktur dan efisien. Selama ini, proses penyampaian keluhan individu terhadap tim terkait sering kali mengalami hambatan, baik dalam hal penyampaian pesan maupun pelacakan status pengaduan. Kondisi ini memunculkan gagasan untuk menciptakan sebuah platform berbasis website yang dapat memfasilitasi pengaduan secara cepat, terorganisir, dan dapat diakses dengan mudah oleh semua pihak yang terlibat. Program magang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sistem digital yang mendukung operasional BPS. Selain itu, kegiatan magang ini juga menjadi sarana bagi peserta untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata dalam pengembangan aplikasi berbasis web, memahami kebutuhan internal organisasi, serta mengaplikasikan keahlian yang telah dipelajari di dunia akademik. Program ini berlangsung dari 12 Agustus hingga 13 Desember, bertempat di BPS Kota Surabaya.BPS Kota Surabaya merupakan instansi pemerintah yang bertugas dalam pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data statistik wilayah Kota Surabaya. Sebagai lembaga yang terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, BPS juga berupaya meningkatkan efisiensi operasionalnya melalui digitalisasi berbagai proses kerja. Salah satu inovasi tersebut adalah pengembangan aplikasi Sistem Pengaduan Internal, yang difokuskan untuk menciptakan sistem pengaduan yang modern, dan transparan. Aplikasi Sistem Pengaduan Internal yang dikembangkan selama program magang ini diharapkan mampu menjadi solusi efektif dalam mempermudah proses pengelolaan pengaduan. Dengan adanya sistem ini, setiap pengaduan dapat diarahkan langsung kepada tim terkait, dan penyelesaiannya menjadi lebih cepat. Selain meningkatkan efisiensi, aplikasi ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, di mana keluhan atau kebutuhan pegawai dapat tertangani secara optimal.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | mif,sistem informasi,frontdend,website,bps,ti,teknologi | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 459 - Ilmu Komputer 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > PKL | ||||||
Depositing User: | Galuh Reviko Satya Kirana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:57 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:58 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38899 |
Actions (login required)
View Item |