Pengembangan Aplikasi E-Learning (Gameplay) Untuk Pelatihan dan Pengembangan Karyawan di PT. Beon Intermedia

Salsabil, Moh. Alfiannur (2025) Pengembangan Aplikasi E-Learning (Gameplay) Untuk Pelatihan dan Pengembangan Karyawan di PT. Beon Intermedia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Magang adalah salah satu kegiatan wajib dalam program Pendidikan di dalam kampus Politeknik Negeri Jember yang bertujuan agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya secara langsung pada perusahaan yang sesuai dengan program studi dari masing masing mahasiswa. Kegiatan magang dilaksanakan di sebuah Perusahaan teknologi yaitu PT. Beon Intermedia. Perusahaan ini berlokasi di Kota Malang dan di dalam kegiatan magang tersebut, penulis melakukan pengembangan dan pengelolaan aplikasi khusus internal perusahaan yaitu Gameplay guna mendukung pelatihan dan pengembangan karyawan. Aplikasi ini merupakan media perusahaan untuk karyawannya memperoleh hak memajukan dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya sehingga sejahtera dan meningkatkan produktivitas. Dalam mendukung kenyamanan pengguna dalam pemakaiannya, aplikasi ini memiliki konsep gamifikasi yang dibantu dengan beberapa plugin yang sudah tersedia di dalam WordPress dan memiliki sistem poin yang dapat ditukarkan dengan uang asli dengan ketentuan untuk pengembangan diri (self development) atau hiburan (entertain). Pengembangan aplikasi Gameplay ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan tools seperti WordPress, Trello, Figma, Metabase dan Google Apps Script. Pengembangan Aplikasi gameplay berjalan bersamaan dengan Program Beasiswa Jagoan Hosting yang berfokus pada sarana pembelajaran untuk peserta beasiswa. Kegiatan ini melibatkan beberapa hal seperti melakukan riset plugin dan membuat rekapitulasi nilai yang dilakukan untuk meningkatkan pengalaman peserta beasiswa dan karyawan dalam penggunaanya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRizaldi, TaufiqNIDN0029058906
Uncontrolled Keywords: wordpress, karyawan, sdm, e-learning, pelatihan
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > PKL
Depositing User: Moh. Alfiannur Salsabil
Date Deposited: 17 Jan 2025 01:54
Last Modified: 17 Jan 2025 01:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38827

Actions (login required)

View Item View Item