Arif, Ahmad Syaiful (2024) Prosedur Rancang Bangun Kerangka Atap Bus Medium Tipe Isuzu NQR. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan_Arif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (9kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan_Arif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (174kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Arif.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (9kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_SyaifulArif.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kerangka bus adalah struktur utama untuk membuat bodi bus untuk menahan komponen beban kendaraan. Kerangka bus memberikan kekuatan dan stabilitas agar bus bisa menahan beban pemumpang serta menahan tekanan saat berjalan diberbagai kondisi jalan, prosedur rancang bangun kerangka atap bus medium tipe isuzu model NQR adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu lama. Beberapa prosedur rancang bangun kerangka atap bus medium tipe isuzu model NQR yaitu mulai dari persiapan bahan pemotongan menggunakan mesin gerinda, penggepresan menggunakan mesin presshidrolik guna membentuk sesuai desain, kemudian perakitan menggunakan las SMAW untuk menyambung beberapa komponen rangka dan setelah itu, memastikan kekuatan las dan kemudian kerangka di satuan dengan kerangka lain agar terbentuk struktur bodi bus. Namun masalah yang terjadi dalam pengelasan kerangka atap bus yakni sering terjadi distorsi sebab adanya pemuaian dan penyusutan besi hollow. Jenisjenis distorsi yang biasanya terjadi: distorsi memanjang, distorsi puntir, serta distorsi sudut. Ada beberapa cara untuk mengurangi terjadinya distorsi pada saat penggelasan yaitu dengan melakukan pengelasan yang seimbang, menggatur arus amper panas tidak berlebihan, serta melakukan penjepitan untuk menahan besi ketika pengelasan. Penyusunan laporan proses rancang bangun perakitan kerangka atap bus medium tipe isuzu NQR ini sangat penting bagi perusahaan untuk mempercepat pembuatan kerangka bus. Sehingga proses produksi kerangka bus medium lebih cepat selesai dan digunakan sebagai data electrical bus.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | kerangka bus, Isuzu NQR, rancang bangun, pengelasan, distorsi, efisiensi produksi | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Ahmad Syaiful Arif | ||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 01:35 | ||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 01:36 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38695 |
Actions (login required)
View Item |