Hazizah, Nur (2024) Evaluasi Penggunaan Mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) Menggunakan Metode TAM Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (10kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (247kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (149kB) |
|
Text (Laporan lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Dalam era digitalisasi saat ini, penerapan teknologi informasi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan, termasuk pada proses pendaftaran pasien rawat jalan. Mesin Anjugan Pendaftaran Mandiri (APM) salah satu alat untuk membantu pasien melakukan pendaftaran secara mandiri tanpa harus melalui antrian panjang di loket pendaftaran, dengan adanya mesin APM diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kenyamanan pasien. Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta telah menerapka penggunaan mesin APM sebagai salah satu strategi untuk mendukung pelayanan rawat jalan. Namun, permasalahan teknis seperti munculnya notifikasi error saat proses pendaftaran, aplikasi yang sering keluar sendiri sebelum pendaftaran selesai, serta lambatnya respons mesin, menjadi kendala yang mengganggu pengalaman pengguna dan menimbulkan adanya komplain dari pasien. Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan APM di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta menggunakan metode TAM. Laporan dilaksanakan pada bulan oktober 2024 sampai bulan desember 2024. Jenis laporan ini kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada 3 pasien rumah sakit bethesda yang menggunakan mesin APM dan kepada petugas pendaftaran. Hasil laporan ini yaitu berupa rekomendasi solusi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan mesin APM untuk meningkatkan kinerja dan penerimaan APM, serta mendukung optimalisasi pelayanan rawat jalan di rumah sakit Bethesda Yogyakarta.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Anjungan Pendaftaran Mandiri, APM, TAM | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Nur Hazizah | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 07:08 | ||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 07:09 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38582 |
Actions (login required)
View Item |