Khaza, Sherin Laila (2024) Gambaran Kualitas Hospital Information System (HIS) bagi Petugas Rekam Medis Berdasarkan Model DeLone and McLean di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (76kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (275kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (144kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Hospital Information System (HIS) merupakan sistem informasi baru yang digunakan di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo dan mulai digunakan secara optimal pada tahun 2021 guna menunjang pelayanan. HIS digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, melaporkan, dan menggunakan informasi kesehatan untuk pengambilan keputusan, tindakan, serta untuk penelitian. HIS berisi seluruh informasi yang berkaitan dengan perawatan, pengobatan, informasi administrasi, dan keuangan. Penggunaan HIS bagi petugas rekam medis tersebar pada hampir seluruh unit pelayanan, seperti pada IPRJT, IPT-KIA RSCM Kiara, IPET RSCM Kencana, IPKMT RSCM Kirana, IPKT, dan IPTOR. Penggunaan HIS masih memiliki beberapa kendala seperti terdapat informasi pasien yang kosong, tampilan HIS yang dianggap kurang bervariasi, dan penarikan beberapa data yang belum dapat dilakukan. Penulisan laporan Praktik Kerja Lapang ini bertujuan untuk mengevaluasi HIS berdasarkan sudut pandang petugas rekam medis di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo menggunakan metode DeLone and McLean (2003). Pengamatan dilakukan di Instalasi Rekam Medis dan Admisi Pusat dengan melakukan pengambilan data melalui kuisioner yang disebarkan kepada 93 responden dan wawancara terhadap 3 petugas rekam medis. Hasil evaluasi terhadap HIS ditinjau dari beberapa variabel dalam metode DeLone and McLean (2003) dan didapatkan hasil dengan skor tertinggi berdasarkan manfaat bersih yaitu sebesar 80,6%, penggunaan sebesar 80,5%, kualitas informasi sebesar 80%, kualitas layanan sebesar 77,5%, kualitas sistem sebesar 77,4%, dan kepuasan pengguna sebesar 75,2%. Skor tersebut memiliki arti bahwa variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepuasan pengguna berada pada rentang skor 61 – 80% dengan kategori baik atau dapat diartikan bahwa penilaian petugas rekam medis terhadap HIS yang telah diimplementasikan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan variabel penggunaan dan manfaat bersih berada pada rentang skor 81 – 100% dengan kategori sangat baik atau dapat diartikan bahwa penilaian petugas rekam medis terhadap HIS yang telah diimplementasikan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan evaluasi tersebut masih perlu dilakukan upaya pengembangan yaitu dengan dilakukannya peremajaan komputer, penambahan fitur, dan perlunya konsistensi dalam fitur quick find serta ketanggapan lebih dari tim IT dalam menghadapi keluhan pengguna HIS baik yang di pusat maupun di outlet.
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | HIS, RME, SIMRS, Delone and Mclean, Evaluasi Sistem, Gambaran Kualitas Sistem, Sistem Informasi | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan |
||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL | ||||||
Depositing User: | Sherin Laila Khaza | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:02 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 04:02 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38415 |
Actions (login required)
View Item |