Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Triwulan Ke-III Unit Rawat Jalan di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung Tahun 2024

Chandrasya, Imania (2024) Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Triwulan Ke-III Unit Rawat Jalan di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung Tahun 2024. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (244kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab pending klaim BPJS pada unit rawat jalan di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung pada Triwulan Ke-III Tahun 2024. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung merupakan rumah sakit tipe A yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan memiliki kewajiban untuk memastikan proses klaim BPJS berjalan dengan lancar. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat sejumlah berkas klaim yang pending, yaitu 612 dari 106.577 berkas klaim pada periode Juli hingga September 2024. Faktor penyebab utama pending klaim antara lain adalah ketidaklengkapan pengisian EMR (Electronic Medical Record) dan diagnosa yang tidak lengkap oleh dokter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDCA (Plan, Do, Check, Action), yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut. Pada tahap Plan, dilakukan analisis dan pengingat kepada petugas terkait, sedangkan tahap Do mencakup pengecekan EMR dan pengolahan data untuk melihat perubahan klaim. Hasil evaluasi menunjukkan adanya penurunan jumlah klaim yang pending, dari 79 menjadi 73 berkas pada bulan Juli, dari 221 menjadi 220 berkas pada Agustus, dan dari 312 menjadi 307 berkas pada September. Pada tahap Action, dilakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah masalah serupa di masa depan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode PDCA efektif dalam mengurangi jumlah klaim yang pending, dan perbaikan berkelanjutan dapat dilakukan dengan melibatkan petugas koder dalam mengingatkan pihak terkait.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Uncontrolled Keywords: Pending Klaim BPJS, RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, Unit Rawat Jalan, PDCA, EMR, Diagnosa.
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 358 - Ilmu Asuransi Jiwa dan Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Imania Chandrasya
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:27
Last Modified: 16 Jan 2025 01:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38399

Actions (login required)

View Item View Item