Evaluasi Tingkat Kepuasan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Simrs Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

Sidabutar, Madehana Putri (2024) Evaluasi Tingkat Kepuasan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Simrs Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (339kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Individu_Madehana Putri Sidabutar_G41210867.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fasilitas pelayanan kesehatan sangat penting dalam menyediakan layanan kesehatan, baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah, maupun masyarakat. Unit kesehatan menggunakan rekam medis sebagai dokumentasi layanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. Layanan kesehatan sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menjamin sistem kesehatan yang baik. .Penerapan sistem SIMRS telah berhasil, tetapi masih terdapat masalah dengan penggunaan nama dokter dan polisi secara real-time. Permasalahan pada Tempat Pendaftaran pasien Rawat Jalan di GRJT menemukan bahwa ketika pasien dirujuk ke dokter dan polisi, terdapat kekurangan nama dokter dan polisi secara real-time, yang menyebabkan waktu respons menjadi lebih singkat. Sebagai kesimpulan, fasilitas layanan kesehatan memegang peranan penting dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat. Penerapan sistem SIMRS dapat membantu meningkatkan efisiensi, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan perawatan pasien Berdasarkan analisis dan pembahasan yang didapatkan hasil pada Hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel content sebesar 74,5%, nilai tersebut termasuk ke dalam interval nilai kepuasan 61%- 80% yaitu berada pada kategori puas, hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel accuracy sebesar 83%, nilai tersebut termasuk ke dalam interval nilai kepuasan 81%- 100% yaitu berada pada kategori sangat puas, hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel format sebesar 68,75%, nilai tersebut termasuk ke dalam interval niali kepuasan 61%-80% yaitu berada pada kategori puas, hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel timeliness sebesar 68,5 %, nilai tersebut termasuk ke dalam interval niali kepuasan 61%-80% yang berarti puas, hasil persentase yang didapatkan melalui evaluasi pada variabel ease of use sebesar 72,5%, nilai tersebut termasuk ke dalam interval niali kepuasan 61%-80% yaitu berada pada kategori puas, Secara umum SIMRS Pendaftaran Rawat Jalan di GRJT sudah memberikan manfaat dalam peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kepada pasien di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSelviyanti, ErnaNIDN0017099007
Uncontrolled Keywords: SIMRS, rawat jalan, tingkat kepuasan
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Madehana Putri Sidabutar
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:39
Last Modified: 13 Jan 2025 03:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38393

Actions (login required)

View Item View Item