Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

Maulana, Jaka (2024) Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (321kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (406kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

BPJS merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Bentuk upaya penyelenggaraan jaminan sosial ini yaitu dengan menerapkan program jaminan kesehatan nasional (JKN) atau suatu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap masyarakat Indonesia agar dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera. Dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional ini rumah sakit harus bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan agar dapat mengajukan klaim untuk selanjutnya dibayar oleh BPJS Kesehatan apabila telah dinyatakan layak klaim, Permasalahan yang terjadi pada RSUD Dr. Moewardi yaitu dalam pelaksanaan pengajuan klaim belum sepenuhnya lancar, terdapat beberapa berkas yang dikembalikan oleh pihak BPJS Kesehatan dengan alasan belum layak. Berkas yang mengalami pending klaim selama tiga bulan pada tahun 2024 yaitu sebanyak 695 berkas dari total berkas yang diajukan sebanyak 14.818 berkas. Permasalahan tersebut akan memberikan dampak pada kegiatan pelayanan asuransi dan pembiayaan serta akan menambah beban kerja petugas karena harus merevisi ulang berkas pending klaim. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode 5M yaitu man, money, machine, method and material bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan rawat inap di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode 5M yang menjadi penyebab pending klaim BPJS rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta berdasarkan aspek man, material, methode adalah terkadang masih terdapat human error, adanya ketidaklengkapan pada resume medis pasien dan hasil penunjang pasien, belum tersedianya SOP pengajuan klaim BPJS serta tidak adanya sosialisasi terkait berita acara BPJS yang berubah-ubah, dan adanya aturan pengkodingan tersendiri dari pihak BPJS sehingga menyebabkan perbedaan persepsi antara pihak rumah sakit dan BPJS. Sedangkan faktor machine dan money tidak menjadi penyebab kejadian pending klaim BPJS. Upaya perbaikan yang dapat peneliti berikan adalah mengadakan pembentukkan SOP terkait pengajuan klaim BPJS, melakukan koordinasi terkait kewajiban petugas dalam melengkapi berkas pengajuan klaim, kemudian melakukan komunikasi dan penyamaan presepsi antara pihak rumah sakit dengan pihak BPJS mengenai koding yang tepat untuk penyakit yang diderita oleh pasien, serta pihak BPJS melakukan sosialisasi mengenai berita acara, peraturan dan regulasi terbaru kepada rumah sakit.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, IndahNIDN0728038301
Uncontrolled Keywords: Pending Klaim BPJS Rawat Inap
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Jaka Maulana
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:18
Last Modified: 13 Jan 2025 03:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/38284

Actions (login required)

View Item View Item