Analisis Pengujian Kampas Rem Berbahan Komposit Kulit Waru Dan Bambu Terhadap Laju Keausan Serta Uji Kekerasan Dan Koefisien Gesek

Ilham, Zusrul Mohamad (2024) Analisis Pengujian Kampas Rem Berbahan Komposit Kulit Waru Dan Bambu Terhadap Laju Keausan Serta Uji Kekerasan Dan Koefisien Gesek. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan kemampuan dari kampas rem dapat dilakukan dengan cara memodifikasi bahan gesek dari kampas rem. Salah satu bahan kampas rem non asbes terbuat dari bambu dan waru. Bambu dan Waru memiliki kandungan bahan yang bisa ditingkatkan menjadi produk teknologi ramah lingkungan, termasuk sebagai bahan komposit. Matriks yang digunakan dalam penelitian ini adalah resin jenis Polyurethane A dan B. Pada penelitian dilakukan pengujian kekerasan, koefisien Gesek dan laju keausan. Pada pengujian kekerasan diketahui kampas rem ori, bambu, waru dan campuran didapatkan nilai sebesar 80,55 HD, 62,75 HD, 61,25 HD dan 69,3 HD. Pengujian koefisien gesek pada kampas rem ori, bambu, waru dan campuran didapatkan nilai sebesar 0,361, 0,327, 0,345 dan 0,334. Spesimen kampas rem dengan pengujian keausan tertinggi ialah kampas rem campuran sebesar 1,84x10-6 gr/s.mm2, kampas rem bambu sebesar 1,71x10-6 gr/s.mm2, kampas rem waru sebesar 1,61x10-6 dan kampas rem dengan nilai keausan terendah adalah kampas rem ori sebesar 1,02 x10-6 gr/s.mm2 d. Hasil ini berkaitan terhadap nilai kekerasan juga. Dimana kampas rem yang memiliki tingkat nilai kekerasan tertinggi dapat meminimalisir keausan kampas rem tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Aditya WahyuNIP197806142024211001
Uncontrolled Keywords: Bamboo, Waru, Mixed, friction force
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 445 - Teknik Material (Ilmu Bahan)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir
Depositing User: Zusrul Mohamad Ilham
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:28
Last Modified: 12 Sep 2024 02:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37155

Actions (login required)

View Item View Item