Analisis Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode PIECES di RSU Srikandi IBI Jember

Khoirot, Robithatil (2024) Analisis Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode PIECES di RSU Srikandi IBI Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (415kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

RSU Srikandi IBI Jember didukung oleh pengimplementasian SIMRS sejak tahun 2014. SIMRS yang digunakan oleh RSU Srikandi IBI Jember merupakan aplikasi sistem informasi berbasis desktop. Analisis awal menemukan berbagai masalah terkait SIMRS di RSU srikandi IBI Jember, seperti tidak ada buku pedoman pengoperasian SIMRS, kurangnya pelatihan, serta gangguan sistem seperti loading sistem dan downtime. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SIMRS pendaftaran pasien rawat jalan menggunakan metode PIECES. Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa SIMRS berdasarkan aspek performance belum terdapat menu atau fitur laporan kunjungan pasien per poli dan opsi pada menu kelurahan/desa masih belum sesuai dengan spesifikasi kecamatan, aspek Information data yang dihasilkan akurat sesuai dengan apa yang diinputkan namun belum memberikan informasi terkait tanggal kunjungan terakhir pasien mendaftar. Aspek Economy SIMRS sudah terintegrasi dengan v-claim serta terdapat anggaran dalam pemeliharaan SIMRS , Aspek control terkait integritas, keamanan sistem, Aspek Efficiency sudah memberikan efisiensi dalam penerapannya, Aspek Service simrs belum terdapat warning pada pengisian NIK yang sama pada menu pasien baru sehingga SIMRS masih belum sesuai harapan pengguna . Saran dari penelitian ini yakni petugas IT/pengembang menambahkan menu atau fitur laporan kunjungan pasien per poli dan cetak label otomatis, warning fitur tanggal terakhir kunjungan pasien pada pencarian data, fitur logout otomatis sehingga bisa membantu menjaga keamanan setiap user, Minimal password.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDeharja, AtmaNIDN0017118402
Uncontrolled Keywords: PIECES, Rumah Sakit, SIMRS
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 357 - Promosi Kesehatan
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Robithatil Khoirot
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:10
Last Modified: 05 Sep 2024 02:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/37092

Actions (login required)

View Item View Item