Penerapan Standard Operating Procedure (Sop) Pada Proses Pengolahan Rss (Ribbed Smoked Sheet) Di Pt Perkebunan Nusantara Xii Kebun Kotta Blater Jember

AzZahra, Syela Salsa Bila (2021) Penerapan Standard Operating Procedure (Sop) Pada Proses Pengolahan Rss (Ribbed Smoked Sheet) Di Pt Perkebunan Nusantara Xii Kebun Kotta Blater Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
SYELA SALSA BILA AZ-ZAHRA_ D41171999_LAPORAN MAGANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan akademik yang wajib untuk dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/mahasiswi Politeknik Negeri Jember pada Program Studi Manajemen Agroindustri dilaksanakan pada saat semester VII. Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus didunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Dan akan memperoleh keterampilan yang tidak hanya bersifat kognitif dan afektif, namun juga psikomotorik yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial dan manajerial. Dalam Praktik Kerja Lapang (PKL) ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran, penumbuhan keterampilan dan keahlian didalam diri mahasiswa. Kegitan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Kotta Blater selama 3 bulan dengan durasi waktu kurang lebih 540 jam. PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kotta Blater merupakan salah satu perusahaan BUMN yang melakukan kegiatan produksi getah karet (lateks) menjadi RSS (Ribbed Smoked Sheet), pengolahan karet RSS (Ribbed Smoked Sheet) adalah proses mengubah lateks menjadi lembaran karet (Sheet) dengan melalui beberapa tahapan pengolahan yang dilakukan secara konsisten sehingga memenuhi standart kualitas yang telah ditentukan. Dalam proses pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) memerlukan ketepatan, kecepatan, dan kebersihan. Dalam pengolahan RSS (RibbedSmoked Sheet) meliputi kegiatan proses penerimaan lateks (koagulum), proses pencampuran, proses pembekuan, proses penggilingan, proses pengasapan, proses sortasi, proses pengepakan dan pengiriman. Pencapaian hasil proses pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kotta Blater telah ditulis dan dibakukan dalam Standard Operating Procedure (SOP). PTPN XII Kebun Kotta Blater dalam melaksanakan Standard Operating Procedure (SOP) pada proses pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) sudah hampir melaksanakan seluruh prosedur sesuai dengan pedoman intruksi kerja yang ada di pedoman pengolahan karet, hanya saja terdapat beberapa permasalahan didalam penerapan Standard Operating Procedure (SOP) sehingga tidak semuanya dapat diterapkan didalam proses produksi. Permasalahan yang terjadi pada tenaga kerja, mesin, peralatan, dan bahan baku. Keempat permasalahan tersebut merupakan komponen utama dalam proses pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) sehingga diperlukan adanya pencegahan serta solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDhamayanti, WennyNIDN0004087102
Uncontrolled Keywords: Sop, Proses Pengolahan Rss
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Syela Salsa Bila Az-Zahra
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:48
Last Modified: 22 Aug 2024 07:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36868

Actions (login required)

View Item View Item