Pembuatan Sistem Kontrol pH-4502C Larutan Nutrisi Otomatis Berbasis Arduino UNO pada Budidaya Tanaman Melon (Cucumis melo L.) Hidroponik

Rabbani, Habriza Tauhid (2024) Pembuatan Sistem Kontrol pH-4502C Larutan Nutrisi Otomatis Berbasis Arduino UNO pada Budidaya Tanaman Melon (Cucumis melo L.) Hidroponik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan TA .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TUGAS AKHIR HABRIZA TAUHID RABBANI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hidroponik adalah metode membudidayakan tanaman yang menggunakan air sebagai media tanam. Nutrisi air pada tanaman merupakan hal yang penting. Kadar pH juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman hidroponik. pH yang terlalu rendah dapat merusak akar tanaman. Sebaliknya, pH yang tinggi membuat tanaman tidak mendapat nutrisi dengan baik karena akar terlalu lambat menyerap nutrisi. Saat ini pengontrolan pH pada tanaman masih dilakukan secara manual. Namun, hal tersebut masih memiliki banyak kekurangan. Salah satunya adalah tidak efisiennya waktu yang digunakan. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat dan melakukan uji fungsional pada sistem kontrol pH-4502C larutan nutrisi otomatis berbasis arduino UNO. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2024 di Green House Sinar Alam, Lingkungan Panji, Tegal Gede, Sumbersari, Jember. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan sistem kontrol ini terdiri dari: Laptop, Solder, Bor, Meteran, Gergaji, Timah, Lem, Obeng, Sensor pH-4502C, Arduino Uno, SSR, LCD, Kabel Jumper, Kabel USB, Pipa, dan Selenoid Valve. Pembuatan sistem kontrol pH-4502C berbasis Arduino UNO terdiri dari tahapan pembuatan project box, tahapan pemasangan komponen elektronik pada project box, menghubungkan masing-masing komponen elektronik, serta pemasangan pada instalasi. Selain itu, dilakukan pengujian fungsional dan pengujian kalibrasi sebelum pemasangan pada instalasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat yang telah dibuat layak untuk diaplikasikan atau digunakan pada instalasi untuk budidaya tanaman melon hidroponik. Sistem kontrol pH larutan nutrisi berbasis Arduino UNO yang telah berhasil dibuat dan diuji pada instalasi hidroponik, dengan spesifikasi meliputi Arduino UNO ATmega328P 5V, sensor pH-4502C, LCD I2C 16x2, SSR-40DA, adaptor AC 110-220V 50/60Hz output DC 9V2A, dan selenoid valve 2W-220Volt, Normal Close. Hasil uji fungsional menunjukkan bahwa semua komponen bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSari, Elok Kurnia NovitaNIDN0008118604
Uncontrolled Keywords: Melon, Sistem Kontrol, Alat Kontrol, pH, Sensor pH, Hidroponik
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Habriza Tauhid Rabbani
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:40
Last Modified: 07 Aug 2024 06:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36282

Actions (login required)

View Item View Item