Uji Kinerja Sistem Kontrol pH Larutan Nutrisi Otomatis Berbasis Arduino UNO pada Budidaya Melon (Cucumis melo L.) Hidroponik

Kamila, Andita Cahya (2024) Uji Kinerja Sistem Kontrol pH Larutan Nutrisi Otomatis Berbasis Arduino UNO pada Budidaya Melon (Cucumis melo L.) Hidroponik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN TUGAS AKHIR ANDITA CAHYA KAMILA .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman yang menggunakan air atau media lain yang mengandung nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan tanaman dapat dikontrol untuk menghasilkan tanaman yang sehat dan produktif. Selain itu, menjaga kadar pH pada air juga penting. pH air berdampak dalam penyerapan unsur nutrisi yang diperlukan tanaman. Pengontrolan pH otomatis dibuat untuk mengatasi permasalahan pengontrolan manual menjadi sangat efisien tanpa memerlukan banyak tenaga. Namun, alat kontrol tidak dapat diaplikasikan pada instalasi apabila belum dilakukan uji kinerja. Tugas akhir ini bertujuan untuk menguji kinerja alat kontrol pH larutan nutrisi otomatis agar dapat diaplikasikan pada instalasi hidroponik guna mempermudah dalam pengontrolan pH larutan nutrisi. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2024 di Green House Sinar Alam, Lingkungan Panji, Tegal Gede, Sumbersari, Jember. Alat dan bahan yang digunakan pada kegiatan ini terdiri dari pH meter, laptop, alat tulis, stopwatch, alat kontrol ph larutan nutrisi otomatis, tanaman hidroponik melon, larutan ph up, serta air baku. Metode yang digunakan adalah metode observasi dimana pengamatan dilakukan secara langsung di Green House. Hasil dari pengujian sistem kontrol otomatis ini adalah semua komponen sistem kontrol pH larutan nutrisi otomatis dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selenoid valve dapat membuka katup pada kadar nilai pH<6.0 dan dapat menutup katup pada nilai pH>7.0. Pengujian kinerja alat kontrol menghasilkan nilai keakurasian 98,97% dengan ketelitian 6,79% serta kestabilan 1,14%. Hasil pengujian menunjukkan alat sudah cukup baik dalam menjalankan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBahariawan, AmalNIDN0011096802
Uncontrolled Keywords: Hidroponik, Sistem Kontrol, pH, Alat Kontrol pH Otomatis, Melon
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Andita Cahya Kamila
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:38
Last Modified: 07 Aug 2024 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36277

Actions (login required)

View Item View Item