Analisis Rantai Nilai Dan Nilai Tambah Produk Makaroni Pada CV. Macarindo Berkah Group Kabupaten Jember

Kasanah, Indri Rohmatul (2024) Analisis Rantai Nilai Dan Nilai Tambah Produk Makaroni Pada CV. Macarindo Berkah Group Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
RINGKASAN SKRIPSI_INDRI ROHMATUL KASANAH_D41200573.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 SKRIPSI_INDRI ROHMATUL KASANAH_D41200573.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_INDRI ROHMATUL KASANAH_D41200573.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
INDRI ROHMATUL KASANAH_D41200573_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

CV. Macarindo Berkah Group merupakan salah satu industri yang memproduksi makanan ringan yaitu produk makaroni dengan berbagai varian rasa produk seperti rasa Original, Rumput Laut, Balado, Asin, Indomie, Barbeque (BBQ), Keju, Sapi Panggang, Jagung Manis, dan Cokelat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif ekspoloratif yang bertujuan mengidentifikasi kumpulan aktivitas yang saling berkaitan dalam proses penciptaan nilai mulai dari bahan baku sampai distribusi produk ke tangan konsumen akhir. Tujuan penelitian ini untuk membantu perusahaan memperoleh informasi mengenai jalur rantai nilai yang terjadi serta membantu perusahaan untuk menyadari perbedaan produk (diferentiation) dan penentuan harga lebih pada produk yang dijual (a premium price/more value). Rantai nilai (value chain) produk makaroni dimulai dari penyedia bahan baku yaitu supplier yang berasal dari Kabupaten Jember, unit produksi dan distributor yaitu CV. Macarindo Berkah Group serta konsumen sebagai pelaku utama dalam rantai nilai. Total biaya yang dibutuhkan yaitu Rp. 3.942.376/bulan, total pendapatan hasil penjualan sebesar Rp 8.800.000/bulan. Hasil analisis nilai tambah produk makaroni menggunakan metode hayami dengan bahan baku 100 kg/bulan diperoleh kemasan produk sebanyak 1100 pcs/bulan, sehingga ratio nilai tambah sebesar 79,78% dengan tingkat ratio keuntugan usaha sebesr 95,18%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamali,, R Abdoelhttps://sipora.polije.ac.id/36223/
Uncontrolled Keywords: Sistem Produksi, Rantai Nilai, Biaya, Nilai Tambah
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Indri Rohmatul Kasanah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:12
Last Modified: 07 Aug 2024 02:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/36223

Actions (login required)

View Item View Item