Analisis Perbandingan ECU Standar Dan ECU Re-Map Dengan Variasi Roller 13 Gram Pada Sepeda Motor Matic 110 CC Terhadap Nilai Torsi Dan Daya

Muttaqin, Alif Rizqi Fajril (2024) Analisis Perbandingan ECU Standar Dan ECU Re-Map Dengan Variasi Roller 13 Gram Pada Sepeda Motor Matic 110 CC Terhadap Nilai Torsi Dan Daya. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (925kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (416kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap-1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi sepeda motor telah berkembang pesat, dengan berbagai jenis dan variasi yang tersedia untuk pilihan konsumen. Sistem karburator tetap digunakan di beberapa model sepeda motor, tetapi sistem Electronic Fuel Injector (EFI) menjadi lebih populer karena lebih efisien dan ramah lingkungan. Teknologi EFI memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem karburator, antara lain pada proses pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih baik karena dikendalikan menggunakan Electronic Control Unit (ECU). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari mengubah berat roller standar 15 gram menjadi 13 gram dan Re-mapping ECU standar dengan mengubah derajat pengapian serta menambah durasi injeksi terhadap torsi dan daya dengan alat uji chassis dynamometer pada sepeda motor 110cc. Untuk pengambilan data dimulai dari 4000-9000 RPM melakukan 3 kali pengujian lalu dirata-rata. Untuk hasil torsi tertinggi didapat pada saat menggunakan roller 13 gram dengan ECU yang sudah di Re-map yaitu 8,86 N.m di 6000 RPM dan yang terendah menggunakan ECU yang belum di Re-map dengan roller standar 15 gram yaitu 8,36 N.m di 6000 RPM. Sedangkan untuk daya tertinggi didapat pada saat menggunakan roller 13 gram dengan ECU yang sudah di Re-map yaitu 7,9 Hp di 7000 RPM dan yang terendah menggunakan roller 13 gram dengan ECU yang belum di Re-map yaitu 7,53 Hp di 7000 RPM. Kata Kunci: Re-map ECU, Roller, Uji performa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Aditya WahyuNIP197806142024211001
Uncontrolled Keywords: Re-map ECU, Roller, Uji performa.
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > Tugas Akhir
Depositing User: Alif Rizqi Fajril Muttaqin
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:33
Last Modified: 06 Aug 2024 02:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/35996

Actions (login required)

View Item View Item